Friday, April 12, 2024
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia

Biografi Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia

Selain itu Ki Hajar Dewantara juga aktif menulis dengan tema kebudayaan dan pendidikan yang berwawasan kebangsaan yang pada akhirnya berhasil meletakkan pondasi pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia.

Soewardi mengganti namanya menjadi Ki Hajar Dewantara di usia 40 tahun dan juga tidak lagi memakai gelar kebangsawanannya agar bisa bebas bersosialisasi serta bisa lebih dekat dengan kalangan rakyat biasa.

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, Ki Hajar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan di kabinet pertama. Ki Hajar Dewantara memperoleh gelar doktor kehormatan atau Doctor Honoris Causa dari Universitas Gadjah Mada yang merupakan universitas tertua di Indonesia.

BACA JUGA :  Pentagon: Pesawat AS Hampir Bertabrakan Dengan Jet Tempur Rusia di Suriah

Ki Hajar Dewantara menghembuskan napas terakhirnya di usia 69 tahun pada tanggal 26 April 1959 di kota kelahirannya dan dimakamkan di Taman Wijaya Brata yang berlokasi di Yogyakarta.

Sebagai seorang aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, politisi, kolumnis, terutama pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia, Ki Hajar Dewantara diberikan beberapa penghargaan oleh pemerintahan Indonesia.

Salah satunya adalah pengukuhan Ki Hajar Dewantara sebagai pahlawan nasional yang kedua pada tanggal 28 November 1959 oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno yang didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959. Penghargaan lainnya adalah dengan diabadikannya nama Ki Hajar Dewantara sebagai salah satu nama kapal perang Indonesia, yaitu KRI Ki Hajar Dewantara dan juga dengan diabadikannya potret dirinya pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun edisi 1998.

BACA JUGA :  Foto Foto Dokumentasi Sejarah Terkait Pemberontakan PERMESTA

Namun pengakuan serta penghargaan terpenting sebagai bentuk upaya mengenang jasa serta perjuangan Ki Hajar Dewantara adalah dengan dinyatakannya Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dimana hari kelahirannya dijadikan Hari Pendidikan Nasional berdasar pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959 yang dikeluarkan pada tanggal 28 November 1959.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

25-pakistan-dan-rusia-buka-latihan-perang-bersama

Pakistan dan Rusia Resmi Buka Latihan Perang Gabungan

0
Hobbymiliter.com - Pakistan dan Rusia telah memulai latihan perang gabungan pada akhir pekan lalu. Demikian disampaikan oleh departemen penerangan militer Pakistan pasca ketegangan antara...

Recent Comments