Friday, September 23, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia

Biografi Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia

Saat kecil, Soewardi termasuk beruntung karena bisa mengenyam pendidikan bersama anak bangsa Eropa di Sekolah Dasar Belanda ELS yang merupakan singkatan dari Europeesche Lagere School. Setelah tamat dari ELS, Soewardi kemudian melanjutkan pendidikan di STOVIA yaitu Sekolah Dokter Bumiputera, namun tidak tamat akibat sakit yang dideritanya.

Soewardi kemudian mulai merintis karirnya sebagai penulis dan wartawan di beberapa surat kabar, seperti Sedyotomo, Midden Java, Oetoesan Hindia, De Express, Kaoem Moeda, Poesara, dan juga Tjahaja Timoer hingga diakui sebagai penulis handal di masa tersebut karena tulisannya yang tajam, patriotik serta komunikatif disertai semangat antikolonial.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

38-jet-tempur-siluman-j-20-resmi-diproduksi

Tiongkok Resmi Produksi Jet Tempur Siluman J-20 Secara Massal

2
Hobbymiliter.com - Badan dirgantara Tiongkok, Chengdu Aircraft Company (CAC) telah resmi menetapkan produksi awal dengan jumlah minim (Low Rate Initial Production) untuk membangun jet...

Recent Comments