Wednesday, November 30, 2022
HomeAlutsistaKapal PerangFoto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Kanon anti serangan udara dan fire directornya di RI Irian
Kanon anti serangan udara dan fire directornya di RI Irian. 1970.

Kapal KRI Irian ini merupakan kapal dari jenis penjelajah ringan atau light cruiser. Kapal ini merupakan kapal bekas pakai Angkatan Laut Uni Soviet dari kelas Sverdlov dengan nama asli sewaktu di Angkatan Laut Uni Soviet xx. Pada saat dijual ke Indonesia, sebenarnya, kapal ini sudah bukan lagi menjadi kapal kombatan utama Uni Soviet karena kapal kapal Uni Soviet sudah mulai bergeser menggunakan rudal sebagai senjata pemukul utama, dibandingkan dengan RI Irian yang masih menggunakan meriam sebagai senjata pemukul utama. Keefektifan rudal sebagai senjata pemukul utama semakin teruji terutama semenjak kapal destroyer INS Eliat milik Angkatan Laut Israel ditenggelamkan rudal Mesir di tahun 1967.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

11 COMMENTS

    • Masa ?? Bukan karena deal deal dgn Usa soal Garsberg papua makanya belanda di suruh keluar dr papua oleh Usa?? Hahaha.
      Kalau NKRI begitu menakutkan, kenapa inggris tdk lari di malaya ?? Toh semua peristiwa terjadi di tahun yg sama.

  1. bung karno bersama presiden uni soviet: nikita kruschev”

    Persahabatan Presiden Soekarno dan pemimpin Uni Soviet Nikita Kruschev mungkin lebih didasari latar belakang politik. Periode 1960an, Soekarno memaki-maki Amerika Serikat yang dianggap mendikte Indonesia. Bantuan dari AS dinilai tidak tulus karena AS banyak maunya.
    Maka saat Uni Soviet dan negara-negara Blok Timur menawarkan bantuan, Soekarno langsung menyambutnya.
    Walau berlatar belakang politik, hubungan keduanya cukup akrab. Soekarno menggambarkan saat itu Kruschev begitu menghargainya.
    Di suatu hari yang sangat dingin di Rusia, Kruschev menjemput Soekarno. Tanpa banyak bicara dia mengajak Soekarno dan memberikan pinjaman tanpa bunga untuk Indonesia. Dari Soviet pula Indonesia mendapat aneka persenjataan canggih untuk operasi militer merebut Irian Barat.
    Mulai dari pesawat tempur, pesawat pembom, kapal selam, kapal patroli hingga rudal anti serangan udara. Indonesia sempat menjadi negara paling kuat di Asia tahun 1960an..

  2. Bismillah ayo kita coba produk kapal destroyer murni berkerjasama dengan rusia minimal 5 unit dulu.lenapa nga saat pendemi corona dengan pesanan TNI.AL buka lahan pekerjaaan baru digalangan kapal PT.PAL.mungkin juga dengan hasil inovasi TNI dengan kita memproduksi masal truk amphibi dengan mesin hino,mesin tata motors bisa sampai 2030 terpenuhi alutsista transportasi TNI.cukup 20 atau 30 unit dahulu masing masing angkatan dapatkan,itu sama juga TNI sudah membuka lahan pekerjaan buat rakyat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TOT Bom Pintar HAMMER, Perwakilan Safran Electronics & Defense Kunjungi PT Pindad

TOT Bom Pintar HAMMER, Perwakilan Safran Electronics & Defense Kunjungi PT...

0
TOT Bom Pintar HAMMER, Perwakilan Safran Electronics & Defense Kunjungi PT Pindad - Hobbymiliter.com – Pada hari Selasa, tanggal 12 April 2022, dilaksanakan kunjungan...

Recent Comments