Saturday, September 18, 2021
HomeBerita Militer DuniaMiliter RusiaSu-27 Rusia Mencegat Pengintai Maritim P-8A Poseidon Amerika Di Atas Laut Baltik

Su-27 Rusia Mencegat Pengintai Maritim P-8A Poseidon Amerika Di Atas Laut Baltik

Su-27 Rusia Mencegat Pengintai Maritim P-8A Poseidon Amerika Di Atas Laut Baltik – HobbyMiliter.com. 24 Januari yang lalu, Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan bahwa salah satu pesawat tempur Sukhoi Su-27 nya diperintahkan scamble untuk mencegat sebuah target yang terbang diatas laut Baltik dekat dengan batas teritorial Rusia. Target tersebut kemudian diidentifikasi sebagai pesawat pengintai milik Angkatan Udara Swedia. Pesawat tersebut disebutkan sebagai sebuah Gulfstream tanpa menyebutkan tipenya.

Kementerian Pertahanan Rusia juga menyebutkan bahwa dalam kesempatan lainnya, sebuah Su-27 juga diperintahkan scramble mencegat sebuah target lainnya. Target tersebut ternyata adalah sebuah pesawat pengintai maritim Boeing P-8A Poseidon milik militer Amerikanyg juga sedang terbang diatas laut Baltik.

BACA JUGA :  Kabupaten Rokan Hilir Siap Resmikan Kodim Baru

Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan kejadian ini pada sebuah press release hari Senin yang lalu, namun tidak menyebutkan lokasi pasti dimana kejadian itu berlangsung. Kementerian Pertahanan Rusia hanya menyebutkan lokasi kedua kejadian berada di ruang udara internasional diatas laut Baltik, dekat dengan garis batas wilayah kedaulatan Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan bahwa awalnya sistem kontrol ruang udara milik Rusia mendeteksi adanya target udara yang mendekati perbatasan Rusia dari perairan internasional di atas laut Baltik. Kemudian pihak Angkatan Udara Rusia memerintahkan pangkalan udara terdekat untuk menerbangkan jet tempur guna melindungi kedaulatan Rusia.

BACA JUGA :  Inilah Asal Mula Julukan Fighting Falcon Bagi F-16

“Untuk mencegat target tersebut, maka kami mengirimkan sebuah pesawat tempur Su-27. Pesawat tempur kami mendekati obyek tersebut sembari tetap menjaga jarak yang aman. Oyek tersebut ternyata diidentifikasi sebagai pesawat militer Boeing P-8A Poseidon milik Amerika Serikat,” demikian isi press release Kementerian Pertahanan Rusia ini.

Su-27 Rusia Mencegat Pengintai Maritim P-8A Poseidon Amerika Di Atas Laut Baltik
Su-27 Rusia Mencegat Pengintai Maritim P-8A Poseidon Amerika Di Atas Laut Baltik

Hasilnya, pesawat jet Amerika tersebut pergi dari perbatasan Rusia dan Sukhoi Su-27 Rusia dapat kembali dengan selamat ke pangkalannya.

Penerbangan pesawat mata mata di Baltik oleh negara negara lain di sepanjang perbatasan Rusia merupakan hal yang rutin dilakukan sejak perang dingin berlangsung puluhan tahun yang lalu. Dan selama itu juga Rusia selalu menerbangkan jet jet tempurnya untuk meng-intercept dan meng-escort pesawat pesawat asing menjauh dari perbatasannya.

BACA JUGA :  Angkatan Udara Rusia Serang ISIS Di Kota Suriah dan Kirimkan Bantuan

Kecuali tentunya penerbangan pesawat pengintai berkinerja tinggi seperti U-2 dan SR-71 yang berkali kali terbang diatas Rusia tanpa berhasil dicegat pesawat tempur (kecuali U-2 yang sempat dijatuhkan oleh rudal anti pesawat).

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua