Su-27 Rusia Mencegat Pengintai Maritim P-8A Poseidon Amerika Di Atas Laut Baltik
Su-27 Rusia Mencegat Pengintai Maritim P-8A Poseidon Amerika Di Atas Laut Baltik

Su-27 Rusia Mencegat Pengintai Maritim P-8A Poseidon Amerika Di Atas Laut Baltik – HobbyMiliter.com. 24 Januari yang lalu, Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan bahwa salah satu pesawat tempur Sukhoi Su-27 nya diperintahkan scamble untuk mencegat sebuah target yang terbang diatas laut Baltik dekat dengan batas teritorial Rusia. Target tersebut kemudian diidentifikasi sebagai pesawat pengintai milik Angkatan Udara Swedia. Pesawat tersebut disebutkan sebagai sebuah Gulfstream tanpa menyebutkan tipenya.

Baca juga :   Nasib Armada Jet Tempur F-16 AU Norwegia

Kementerian Pertahanan Rusia juga menyebutkan bahwa dalam kesempatan lainnya, sebuah Su-27 juga diperintahkan scramble mencegat sebuah target lainnya. Target tersebut ternyata adalah sebuah pesawat pengintai maritim Boeing P-8A Poseidon milik militer Amerikanyg juga sedang terbang diatas laut Baltik.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan kejadian ini pada sebuah press release hari Senin yang lalu, namun tidak menyebutkan lokasi pasti dimana kejadian itu berlangsung. Kementerian Pertahanan Rusia hanya menyebutkan lokasi kedua kejadian berada di ruang udara internasional diatas laut Baltik, dekat dengan garis batas wilayah kedaulatan Rusia.

Baca juga :   Rudal Jelajah Kinzhal Senjata Baru MiG31

Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan bahwa awalnya sistem kontrol ruang udara milik Rusia mendeteksi adanya target udara yang mendekati perbatasan Rusia dari perairan internasional di atas laut Baltik. Kemudian pihak Angkatan Udara Rusia memerintahkan pangkalan udara terdekat untuk menerbangkan jet tempur guna melindungi kedaulatan Rusia. (Klik dibawah untuk ke halaman berikutnya).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here