Friday, March 1, 2024
HomeBlog MiliterJumlah Tentara Turki Terpangkas 160 Ribu Personil Pasca Kegagalan Kudeta

Jumlah Tentara Turki Terpangkas 160 Ribu Personil Pasca Kegagalan Kudeta

Hobbymiliter.com – Aksi “bersih-bersih” pendukung yang dianggap ikut andil dalam percobaan kudeta untuk menjatuhkan rezim Presiden Recep Tayyip Erdogan 15 Juli silam, telah memakan ratusan ribu korban. Selain itu, hampir 200 perwira tinggi berpangkat jenderal juga ikut dicoret oleh Erdogan.

Angka itu didapat oleh harian Turki Hurriyet yang membandingkan jumlah total personil militer Turki pada 1 Juli 2016, empatbelas hari sebelum hari H percobaan kudeta. Dibandingkan dengan Oktober 2016, angkanya mengalami penurunan jauh hingga sebanyak 162.954 personil, termasuk 157 perwira tinggi berpangkat jenderal.

BACA JUGA :  Potong Birokrasi, US Navy Gunakan Pusat Komando di AS Untuk Awasi Laut Cina Selatan

Jumlah total yang tadinya mencapai 518.166 personil kini menciut ke angka 255.212 personik. Sedangkan jumlah perwira jenderal/laksamana/marsekal yang tadinya mencapai 358 orang, turun menjadi 201 orang.

Penurunan angka yang sangat signifikan ini terjadi setelah pemerintah Turki mengadakan pemeriksaan di seluruh tubuh aparat keamanan dan sipil, untuk mencari siapa saja yang dianggap bersekongkol dengan Fethullah Gulen. Selain itu, Turki juga mencabut hak kewarganegaraan para personil tentara yang memilih kabur ke luar negeri pasca kegagalan kudeta tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ILSV dipamerkan di Indo Defence 2016

Indo Defence 2016 : ILSV Diproduksi 2017

0
HobbyMiliter.com - Perusahaan asal Indonesia, PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa, mengumumkan pada acara eksibisi Indo Defence 2016, bahwa kendaraan taktis baru yang bernama Indonesia Light...

Recent Comments