Wednesday, May 8, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurMengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

Dengan avionik yang sudah dipercanggih, pilot MiG-21 Bison Angkatan Udara India pun diperlengkapi dengan Helmet Mounted Sight, seperti yang digunakan pesawat jet tempur modern seperti MiG-29 dan EF-2000 Typhoon.

Dengan modernisasi ini, MiG-21 original jadul yang dirubah ke standar MiG-21 Bison menjadi mempunyai kemampuan elektronik, persenjataan dan komunikasi yang setara dengan pesawat tempur modern macam F-16 dan MiG-29. MiG-21 Bison pun juga ditambahkan kemampuan pertempuran BVR (Beyond Visual Range) sehingga bisa menembak musuh dari jarak yang aman.

BACA JUGA :  Perbandingan JF-17 China vs F-16 Amerika

Hanya saja, karena menggunakan airframe milik MiG-21 jadul, maka karakteristik terbangnya pun sama persis dengan MiG-21. Pesawat ini mampu terbang cepat hingga Mach 2, namun jika dibandingkan dengan F-16 dan MiG-29, tentu saja kedua pesawat generasi ke 4 yang lebih baru tersebut lebih lincah manuvernya. Istilah resminya, lebih maneuverable.

Sebelum diupgrade mulai tahun 2006, MiG-21 Angkatan Udara India sendiri terlibat dalam perang India Pakistan 1971 dan terlibat dalam krisis di Kargil 1999. Sebuah MiG-21 Angkatan Udara India yang dipiloti oleh Squadron Leader PK Bundela berhasil menembak jatuh pesawat patroli maritim (MPA, Maritime Patrol Aircraft) Breguet Atlantique milik Pakistan.

BACA JUGA :  HK M416, Senapan Serbu Unggulan Pasukan Khusus

Di negara lain, MiG-21 digunakan secara efektif oleh Vietnam Utara dalam beberapa pertempuran melawan Amerika Serikat di tahun 60an dan 70an awal. Beberapa pilot MiG-21 Vietnam berhasil meraih status “Ace” setelah berhasil menembak jatuh beberapa pesawat milik Amerika Serikat dan Vietnam Selatan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Hawk 109 dan Hawk 209 TNI AU. Kredit Foto: Ipenk666/Ifan Triyanto.

Ketika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM

3
HobbyMiliter.com - Ketika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM. Kisah ini terjadi di awal Operasi Militer Terpadu di Aceh, 2003. Dikawal empat Hawk 200...

Recent Comments