Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet

0
295
Lunik 2 On CIA Document
Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet. Wahana Antariksa Lunik 2 Pada Sebuah Pameran.
Sumber : Dokumen CIA

Operation Lunik, Menculik Wahana Antariksa Uni Soviet

Sebuah informasi yang diterima oleh stasiun lapangan agensi intelijen AS – CIA, menyebutkan bahwa Uni Soviet akan mengadakan tur eksibisi ke beberapa negara, untuk mempromosikan produk buatan dalam negerinya, termasuk berbagai capaian “luar biasa” dibidang ilmu pengetahuan, teknologi nuklir, dan teknologi penjelajahan antariksa.

Ajang pameran teknologi Uni Soviet ini dilakukan pasca suksesnya misi peluncuran wahana antariksa Lunik 2 yang merupakan bagian dari Programme Luna. Awalnya, informasi ini tidak begitu menarik perhatian hingga terdengar kabar bahwa ternyata Uni Soviet juga mengirimkan satu unit wahana Lunik 2 untuk dipamerkan juga dalam ajang eksibisi / pameran keliling tersebut. Tanpa pikir panjang, CIA berusaha untuk dapat memperoleh akses langsung ke wahana tersebut.

BACA JUGA :  Rusia Terkejut Dengan Kehadiran Pasukan AS di Perbatasan Norwegia dan Negaranya

Singkat kata, CIA akhirnya bisa mendapat akses langsung ke wahana antariksa tersebut untuk “memeriksa” kondisi wahana tersebut. Semula, pihak Amerika mengira bahwa modul wahana Lunik 2 yang dikirim oleh Soviet untuk dipamerkan tersebut adalah mock-up atau unit palsu/replika saja. Tentu saja, ini didasari pola pikir logis sederhana yakni bahwa Soviet tidak mungkin melepas barang asli yang memiliki nilai teknologi tinggi dan telah berhasil mencatatkan rekor dunia sebelum Blok Barat mencapai prestasi yang sama. Tapi rupanya, keberuntungan sedang berada pada pihak AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here