Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet

0
295
Perangko Lunik 2 DDR
Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet. Lunik 2, Diabadikan Pada Prangko Surat Di Republik Demokratik Jerman / Jerman Timur.
Sumber : Pinterest

Sejarah Singkat Wahana Antariksa Lunik

Wahana antariksa Lunik sejatinya merupakan bagian dari program eksplorasi nir awak Uni Soviet terhadap kondisi Bulan. Program eksplorasi nir awak ini oleh Uni Soviet dinamai Luna Programme, dimana Lunik merupakan “sebutan” pihak Barat terhadap program tersebut. Dimulai pada tahun 1958 dan dinyatakan resmi berakhir pada tahun 1976, Programme Luna berhasil mencatatkan sebanyak 15 misi peluncuran sukses dan 29 misi peluncuran gagal.

Dalam pelaksanaannnya, Programme Luna membagi wahana antariksa kedalam beberapa misi, diantaranya yakni wahana Impactor, wahana Flyby (terbang melewati), wahana Soft Lander, wahana Orbiter, wahana Rover, dan wahana Sample Return.

Dalam program ini, tidak kurang dari 24 unit wahana antariksa diberikan nama designasi Luna, yang oleh kalangan intelijen dan masyarakat di Blok Barat juga disebut Lunik. Beberapa wahana antariksa dari program Luna / Lunik ini berhasil mencatatkan beberapa rekor dunia. Diantaranya, Luna 2 / Lunik 2, berhasil menjadi objek buatan manusia (man-made) pertama yang mampu mencapai wilayah daratan di Bulan. Kemudian Luna 3 / Lunik 3, berhasil  menjadi wahana antariksa pertama yang mengambil foto bagian Bulan yang tidak nampak dari Bumi (Far side of the Moon).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here