Wednesday, March 27, 2024
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan Utamanya

Sejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan Utamanya

Gerakan itu didukung Menteri Pertahanan Indonesia saat itu, Amir Syarifuddin dan mengakibatkan Presiden Soekarno menyatakan pidato terbuka di radio yang menyuruh rakyat Indonesia buat memilih dirinya atau Muso.

Akibat semua itu muncullah penetapan mosi tidak percaya terhadap kabinet Amir Syarifudin di Januari 1948 hingga Amir terpaksa pindah menjadi partai oposisi. Tanggal 26 Februari 1948, partai oposisi Amir kian kuat disertai penggabungan Partai Sosialis Indonesia atau PSI, Pemuda Sosialis Indonesia atau Pesindo, serta banyaknya kelompok kiri dari Patuk Jawa Tengah yang terdiri dari pasukan militer serta masyarakat sipil bernama Kelompok Diskusi Patuk.

Penyebab Terjadinya Pemberontakan PKI Madiun 1948

Diawali dengan pidato Presiden Soekarno, pemberontakan tak terelakkan lagi hingga memicu konflik bersenjata. Peristiwa berdarah ini dikenal dengan peristiwa Madiun atau Madiun Affairs, dan di masa Orde Baru dinyatakan sebagai pemberontakan PKI.

BACA JUGA :  Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet

Berikut beberapa penyebab terjadinya pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948 lalu.

Perjanjian Renville

Perjanjian antara Indonesia yang diwakili Amir Syariffudin dan Belanda ini dianggap menguntungkan pihak Belanda dan membuat status Indonesia menjadi makin tidak jelas. Karena itulah banyak petinggi dan juga rakyat yang menyalahkan Amir.

Adapun isi dari Perjanjian Renville antara lain adalah:

  • Wilayah Indonesia cuma diakui sebagai wilayah yang terbagi di garis Van Mook atau Demarkasi yang merupakan garis pembatas yang dibuat Van Mook sebagai batas kekuasaan.
  • Belanda tetap punya kedaulatan atas Indonesia sebelum Republik Indonesia Serikat terbentuk.
  • Kedudukan atas Republik Indonesia Serikat bakal sejajar dengan kedudukan Kerajaan Belanda di Uni Indonesia Belanda.
  • Republik Indonesia Serikat bakal mencakup semua bagian Republik Indonesia.
  • Sebelum Republik Indonesia Serikat terbentuk, Kerajaan Belanda bakal memberi penyerahan kekuasaan pada bagian pemerintahan federal sementara.
BACA JUGA :  Rusia Persiapkan Jet Tempur Pengebom Luar Angkasa Dengan Hulu Ledak Nuklir

Pengesahan serta penetapan Perjanjian Renville merugikan Indonesia, bahkan semakin diperparah seiring masalah blokade pemerintah Belanda. Amir pun mundur dari pemerintahan Indonesia tanggal 23 Januari 1948 yang mengakibatkan Wakil Presiden diberi mandat oleh Presiden buat menyusun kabinet baru. Wakil Presiden Bung Hatta pun menyusun kabinet baru tanpa mengikutsertakan golongan sosialis maupun golongan kiri.

Front Demokrasi Rakyat Dibentuk

Setelah mundur dari pemerintahan Indonesia, Amir kemudian membentuk Front Demokrasi Rakyat atau FDR yang menyatukan komunis dengan golongan sosialis kiri. Sejak itu banyak hal negatif terjadi hingga mengakibatkan semakin banyak masalah bermunculan di Indonesia. Hal tersebut antara lain disebabkan karena tujuan mereka memang berusaha mengganti sistem pemerintahan Republik Indonesia saat itu dengan membentuk gerakan baru.

BACA JUGA :  Tiga Kapal Perang Milik AL Singapura Kunjungi Surabaya

Penyerangan Kawanan Buruh Dan Petani

Salah satu aksi buruk yang dilakukan kelompok tersebut antara lain adalah dengan menghasut kaum buruh dan juga para petani agar mereka lakukan aksi mogok kerja. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya salah satu pengecaman ekonomi tanggal 5 Juli 1948 di pabrik karung Delanggu.

Perebutan Pimpinan Kekuasaan Republik Indonesia

Penyebab terjadinya pemberontakan PKI lainnya adalah keinginan Muso selaku pimpinan PKI untuk merebut kursi pimpinan pemerintahan Republik Indonesia serta menjadikan partai komunis sebagai partai penguasa daerah Republik Indonesia. Mereka pun memunculkan skema sekaligus berusaha mendeklarasikan pemerintahan Indonesia yang menganut paham komunis.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

7-indonesia-dan-korea-selatan-setujui-pengembangan-jet-tempur-kf-x

Indonesia dan Korea Selatan Setujui Kontrak Pengembangan Jet Tempur Senilai 17...

0
HobbyMiliter.com - Indonesia telah menandatangani kontrak senilai 1,3 miliar dollar atau sekitar 17,8 triliun rupiah dengan pihak Korea Selatan pada hari Kamis (7/1). Kedua...

Recent Comments