Wednesday, March 27, 2024
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan Utamanya

Sejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan Utamanya

Kol. Marhadi yang juga menjadi korban mengakibatkan munculnya tuduhan bahwa para pejabat dan petinggi pemerintahan Republik Indonesia saat itulah yang memulai aksi tersebut. Bahkan Wakil Presiden Bung Hatta juga dituduh bekerja sama dengan Amerika buat memusnahkan Partai Komunis Indonesia. Tuduhan tersebut sealur dengan pernyataan Domino Theory yang dipaparkan Presiden Amerika Serikat saat itu, Harry S. Truman.

Truman mati-matian berusaha membasmi serta memerangi gerakan komunis di seluruh dunia, karena menurutnya negara dengan pemerintahan atau otoritas komunis bakal mempengaruhi negara yang berhubungannya biar jatuh ke pemerintahan komunis juga, mirip dengan efek permainan domino.

BACA JUGA :  Rusia Persiapkan Jet Tempur Pengebom Luar Angkasa Dengan Hulu Ledak Nuklir

Pada tanggal 18 September 1948 isu terbentuknya pemerintahan Front Nasional Daerah atau FND bagi keresidenan di Madiun oleh Sumarmo disiarkan di radio walau isu tersebut kemudian dibantah oleh Sumarmo.

Pembentukan FND adalah sebagai bentuk perlawanan terhadap ancaman yang disebarkan ke pemerintahan pusat Republik Indonesia. Karena itulah PKI mengusulkan pembentukan Front Demokratik Rakyat atau FDR serta negara Soviet Republik Indonesia tanggal 18 September 1948 oleh pemimpin PKI, Muso.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

India Luncurkan Satelit GSAT7A Untuk Digunakan Oleh AU India

India Luncurkan Satelit GSAT7A Untuk Digunakan Oleh AU India

0
India Luncurkan Satelit GSAT7A Untuk Digunakan Oleh AU India - HobbyMiliter.com - Pada hari Rabu, 19 Desember 2018 yang lalu, India dikabarkan telah meluncurkan...

Recent Comments