Thursday, April 25, 2024
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Kerajaan Kediri, Kerajaan Bercorak Hindu Yang Terkenal Di Nusantara

Sejarah Kerajaan Kediri, Kerajaan Bercorak Hindu Yang Terkenal Di Nusantara

Sebagai salah satu kerajaan Hindu terbesar di kala itu, Kediri termasuk kerajaan yang sangat makmur dan sejahtera. Salah satu sebabnya karena tanahnya begitu subur. Jadi ditanami apa saja, hasilnya bagus. Perkebunan dan pertanian rakyat tumbuh subur dan panen selalu melimpah.

Terlebih di masa pemerintahan raja Jayabaya, kerajaan Kediri sangat sejahtera. Sang raja begitu antusias dan penuh kasih kepada rakyat-rakyatnya. Tak jarang beliau memberikan penghargaan sebagai bentuk jasa terima kasih kepada masyarakat yang berjasa kala itu.

BACA JUGA :  Biografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Setelah kekuasaan raja Jayabaya berakhir, Kediri masih makmur. Hanya saja tak seperti masa emas layaknya masa pemerintahan sang prabu. Kemudian pada akhirnya terjadi peperangan yang mengakibatkan runtuhnya kerajaan kala itu. Sebab perilaku raja yang dulu menduduki tahta memiliki permasalahan dengan kaum Brahmana. Sehingga terjadi peperangan sengit. Apalagi sewaktu perselisihan, kaum Brahmana dibantu oleh Ken Arok yang memiliki keahlian perang cukup bagus. Sehingga sang raja tumbang dan kerajaan Kediri berada di bawah kekuasaan Ken Arok.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

mengenal rudal chiron 1

Mengenal Rudal Chiron yang Memperkuat Arsenal TNI AU

3
HobbyMiliter.com - Mengenal Rudal Chiron yang Memperkuat Arsenal TNI AU. TNI AU telah menggelar Latihan puncak Angkasa Yudha di tahun 2016 yang lalu. Tak...

Recent Comments