Friday, May 27, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterTNI AU Daratkan Pesawat Asing Terbang Tanpa Ijin Di Wilayah Udara Indonesia

TNI AU Daratkan Pesawat Asing Terbang Tanpa Ijin Di Wilayah Udara Indonesia

Hobbymiliter.com – TNI Angkatan Udara (TNI AU) memerintahkan sebuah pesawat terbang asing yang memasuki wilayah udara Indonesia tanpa ijin untuk mendarat di Pangkalan Udara Hang Nadim Batam. Peristiwa ini terjadi pada hari Jum’at, 13 Mei 2022. Awalnya, pesawat ini sedang terbang dari Kuching ke Senai, Malaysia. Pesawat asing tersebut merupakan pesawat sipil dengan Call Sign VOR06 dan nomor registrasi G-DVOR. Pesawat ini merupakan pesawat sipil jenis Diamond DA62 yang jika diliihat di internet dimiliki oleh perusahaan Flight Calibration Services asal Inggris, dan dipiloti oleh pilot yang juga seorang WN Inggris.

BACA JUGA :  Hamas Bersiap Untuk Berperang Melawan Agresi Israel

Kronologis kejadian ini bermula dari terdeteksinya satu unit pesawat melanggar wilayah udara RI dengan terbang tanpa ijin dan security clearance. Pesawat tersebut terdeteksi terbang memotong dari Kuching melalui laut Natuna, tepatnya diatas kepulauan Tambelan. Pesawat tersebut kemudian terdeteksi oleh Satuan Radar (Satrad) 213 Tanjung Pinang saat akan mendekati pulau Mapur. Kontak radio kemudian dilakukan dan oleh Komando Sektor IKN (Kosek IKN) dikeluarkan perintah kepada pesawat tersebut melalui MCC Cengkareng untuk segera putar balik kembali menuju Kuching, Malaysia. Namun, mempertimbangkan bahwa pesawat tersebut memiliki keterbatasan bahan bakar, maka atas perintah Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas), MCC Cengkareng kemudian mengarahkan pesawat tersebut agar mendarat di Lanud Hang Nadim Batam.

BACA JUGA :  Rusia Akan Produksi Pesawat Sukhoi SU-35 Untuk Indonesia

Awalnya, sempat disiagakan 1 Flight pesawat jet tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI AU yang berpangkalan di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk melakukan intersepsi, akan tetapi, intersepsi tidak jadi dilakukan karena adanya pertimbangan bahwa pesawat tersebut mentaati setiap instruksi dan petunjuk yang disampaikan oleh Kosek IKN melalui MCC Cengkareng. Saat ini, pesawat telah berada di Lanud Hang Nadim Batam dan seluruh kru pesawat telah dilakukan cek kesehatan utamanya mengenai prosedur dan persyaratan untuk pencegahan Covid-19. Berdasarkan hasil pemeriksaan lebih lanjut, terungkap bahwa pesawat sipil tersebut terbang dengan tidak dilengkapi dokumen Flight Clearance (FC) dan dokumen Flight Approval (FA). Setelah itu, pihak Lanud Hang Nadim melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Dalam pemeriksanaan tersebut tidak ditemukan barang-barang berbahaya atau barang-barang illegal.

BACA JUGA :  Vietnam Peringatkan Tiongkok Untuk Tidak Mengebor Minyak Di Area Sengketa

Informasi yang diterima penulis, pesawat ini tengah melakukan kalibrasi alat bantu navigasi pesawat, saat kemudian masuk ke wilayah ruang udara Indonesia.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Belajar Istilah Teknologi Militer: Apa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring?

Apa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring?

1
Apa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring? - HobbyMiliter.com. Thrust vectoring atau disebut juga Thrust Vector Control (TVC) adalah suatu kemampuan dari pesawat terbang, roket...

Recent Comments