Friday, August 7, 2020
Home Blog Militer Referensi Makna Dan Ciri Masyarakat Madani Di Indonesia

Makna Dan Ciri Masyarakat Madani Di Indonesia

Makna Dan Ciri Masyarakat Madani Di Indonesia – HobbyMiliter.com – Tahukah Kamu apa itu arti dari masyarakat Madani? Kalau dalam bahasa Inggris disebut civil society. Kata “Madani” diadaptasi dari bahasa Arab punya makna “beradab”. Dari itu, masyarakat Madani artinya adalah suatu masyarakat yang beradab dan menjunjung tinggi nilai dan norma yang berlaku di sana. Lalu, apa saja ciri masyarakat Madani itu?

Sebutan masyarakat Madani pertama kali dikemukakan oleh Anwar Ibrahim, mantan wakil perdana menteri Malaysia. Beliau menyatakan arti dari masyarakat Madani ialah sebuah sistem sosial yang subur dengan landasan prinsip moral yang menjamin adanya keseimbangan diantara kestabilan masyarakat dan kebebasan individu.

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli

Ada lebih dari satu pendapat yang mengemukakan arti masyarakat Madani. Berikut ungkapan dari para ahli mengenai pengertian masyarakat Madani:

  1. Nurcholis Madjid

Nurcholis Madjid menyampaikan bahwa masyarakat Madani adalah merujuk ke masyarakat Islam yang dulu pernah dibangun oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah sebagai masyarakat yang beradab. Peradaban tersebut memiliki ciri-ciri adanya toleransi, kesamaan derajat, keterbukaan, musyawarah dan juga menghargai suatu prestasi.

  1. Syamsudin Haris

Menurut Syamsudin Haris arti masyarakat Madani ialah suatu lingkup sosial yang ada di luar pengaruh negara dan model yang tersusun dari masyarakat paling akrab seperti famili, gerakan masyarakat, asosiasi sukarela dan lainnya.

  1. Dawam Rahardjo

Dawam Rahardjo menyatakan bahwa masyarakat Madani ialah sebuah proses dari terciptanya peradaban yang fokus pada nilai kebijakan bersama sesuai pedoman hidup guna menciptakan persatuan sekaligus integrasi sosial.

  1. Ernest Gellner

Definisi menurut Ernest Gellner tentang masyarakat sipil ialah masyarakat yang terdiri dari institusi non-pemerintah yang otonom tapi cukup bisa mengimbangi negara.

  1. Cohen dan Arato
BACA JUGA :  Kehidupan Tentara Russia di Suriah

Cohen dan Arato menyampaikan definisi masyarakat Madani sebagai suatu kawasan interaksi sosial antara politik, ekonomi dan negara. Dimana di dalamnya terlibat semua kelompok sosial yang berkolaborasi dalam membangun ikatan sosial di luar lembaga resmi, menegakkan solidaritas kemanusiaan serta berupaya membangun kebaikan bersama.

  1. Muhammad AS Hikam

Sedangkan pendapat dari Muhammad AS Hikam, masyarakat Madani ialah semua kawasan kehidupan sosial yang terorganisir serta memiliki ciri-ciri seperti kemandirian yang tinggi ke negara, kesukarelaan, keswadayaan dan keswasembadaan yang terikat oleh nilai dan norma hukum yang dipatuhi oleh semua warganya.

Unsur-Unsur Dalam Masyarakat Sipil

Keberadaan masyarakat sipil tentu saja tidak muncul begitu saja melainkan ada unsur-unsur yang melatarbelakanginya. Beberapa unsur agar terwujud civil society adalah sebagai berikut:

  • Kawasan Publik Yang Luas

Area publik di sini merupakan sarana yang bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan pendapat. Sebab setiap warga masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam menjalankan transaksi politik dan sosial, tanpa diancam atau diminta oleh pihak luar.

  • Punya Demokrasi

Demokrasi merupakan syarat wajib yang tidak bisa ditawar-tawar, supaya masyarakat sipil yang murni bisa terwujud. Di sini, demokrasi adalah sebuah sistem sosial dan politik dan bersumber serta dijalankan oleh warga masyarakat semuanya. Dimana menghormati dan menghargai antar individu maupun kelompok yang menjadi tujuan utamanya agar tidak terjadi diskriminasi.

  • Memiliki Pluralisme

Pengertian Pluralisme ialah suatu pengakuan dan diterimanya masyarakat atas keberadaan keberagaman kepercayaan atau agama di lingkungan. Sikap tersebut disertasi dengan saling menerima perbedaan tanpa ada paksaan.

  • Tercipta Keadilan Sosial

Keadilan sosial merupakan keseimbangan dan pembagian yang pas atau proporsional untuk hak dan kewajiban setiap warga masyarakat, di dalam berbagai aspek kehidupan. Contohnya kesempatan, ekonomi, ilmu pengetahuan, politik dan lainnya.

BACA JUGA :  Sri Lanka Resmikan Operasional Kapal Frigate Hibah Dari China

Ciri-Ciri Masyarakat Madani

Menurut pernyataan dari Bahmuller (1997), masyarakat sipil punya kriteria tertentu. Berikut adalah ciri-ciri masyarakat Madani tersebut:

  1. Terdapat integrasi antar individu dengan individu juga individu dengan kelompok di dalam lingkup masyarakat melalui hubungan sosial maupun aliansi sosial.
  2. Terdapat penyebaran kekuasaan di suatu masyarakat sampai kepentingan yang mendominasi warna masyarakat bisa diatur atau dibatasi dan dikurangi dengan beberapa kekuatan alternatif.
  3. Memiliki keanggotaan dari berbagai organisasi volunter yang memberikan berbagai bentuk masukan atas keputusan pemerintah, sehingga kepentingan individu dan negara bisa dijembatani dengan baik.
  4. Memiliki peningkatan sekaligus perluasan kepercayaan dan kesetiaan. Sehingga setiap anggota masyarakat bersedia mengakui keterkaitannya antara satu dengan lainnya demi kepentingan bersama atau umum.
  5. Tersedianya kebebasan bagi warga masyarakat dalam menjalankan kegiatan sosial dengan beragam perspektif.

Ciri Masyarakat Madani Yang Ada Di Indonesia Menurut Tilaar

Tilaar mengemukakan pendapat mengenai ciri-ciri masyarakat Madani yang ada di Indonesia, diantaranya:

  • Adanya keanekaragaman budaya sebagai dasar dalam mengembangkan identitas bangsa Indonesia dan identitas nasional
  • Adanya sikap saling mengerti satu dengan lainnya
  • Memiliki nilai toleransi yang tinggi
  • Mempunyai satu wadah bersama untuk kepentingan hukum.

Kriteria masyarakat Madani tersebut menyampaikan secara jelas bahwa setiap warga masyarakat individu maupun kelompok memiliki kesempatan yang sama dalam menjalankan nilai norma. Dimana dalam bermasyarakat individu maupun kelompok harus mempunyai sikap yang disebut toleransi. Sehingga sekalipun beda pendapat, agama, maupun lainnya tetap bisa hidup rukun bersama.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kriteria sebagai masyarakat Madani. Di bawah norma dan nilai, warga masyarakat saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang terlindungi.

BACA JUGA :  Isi Teks Pembukaan UUD 1945

Pilar-Pilar Penegak Dalam Masyarakat Madani

Pilar penegak dalam masyarakat sipil terbagi menjadi beberapa bagian. Masing-masing memiliki peran dan kedudukan dalam mendukung adanya masyarakat Madani. Selain itu juga memiliki hak dan kesempatan untuk menyampaikan apresiasinya. Lebih lengkapnya, berikut adalah pilar-pilar dalam masyarakat Madani:

  1. Pers

Adalah kelompok independen yang mempunyai peran sebagai pengontrol sosial supaya dalam pelaksanaannya bisa mengomentari, menganalisis, mengkritisi sekaligus mempublikasikan setiap kebijakan pemerintah. Di sisi lain, pers juga menyampaikan berita dan informasi terkait aspirasi masyarakat secara transparan dan objektif.

  1. Supremasi Hukum

Setiap warga masyarakat dalam suatu negara harus patuh dan dilindungi hukum yang berlaku. Dengan demikian, masyarakat memperoleh suatu jaminan perlindungan terhadap apapun yang dapat menyakiti baik itu dari pihak personal maupun kelompok.

  1. Lembaga Swadaya Masyarakat

Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM adalah suatu institusi yang bertugas dalam membantu dan memperjuangkan setiap apresiasi serta kepentingan warga negara yang mengalami penindasan.

  1. Perguruan Tinggi

Merupakan wilayah kekuatan sosial yang bergerak dalam bidang noral porce guna menyampaikan aspirasi sekaligus mengkritisi kebijakan pemerintah. Meski begitu, pada pelaksanaannya harus sesuai dengan jalan yang benar dan objektif guna kepentingan bersama.

  1. Partai Politik

Partai Politik merupakan bagian dari salah satu syarat terciptanya masyarakat sipil. Sebab partai politik tersebut menjadi tempat untuk setiap warga masyarakat dalam mengekspresikan pandangan politiknya.

Ada lebih dari satu komponen yang mendukung akan keberadaan masyarakat sipil. Satu dan lainnya terbuka, transparan dan objektif guna kepentingan bersama. Keberadaan pilar-pilar yang berdiri dengan baik menjadi bagian dari ciri-ciri masyarakat Madani. Bagaimanapun juga, suatu kelompok disebut sebagai masyarakat sipil harus memenuhi kriteria tertentu.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua