Friday, April 26, 2024
HomeBlog MiliterReferensiMakna Dan Ciri Masyarakat Madani Di Indonesia

Makna Dan Ciri Masyarakat Madani Di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kriteria sebagai masyarakat Madani. Di bawah norma dan nilai, warga masyarakat saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang terlindungi.

Pilar-Pilar Penegak Dalam Masyarakat Madani

Pilar penegak dalam masyarakat sipil terbagi menjadi beberapa bagian. Masing-masing memiliki peran dan kedudukan dalam mendukung adanya masyarakat Madani. Selain itu juga memiliki hak dan kesempatan untuk menyampaikan apresiasinya. Lebih lengkapnya, berikut adalah pilar-pilar dalam masyarakat Madani:

  1. Pers

Adalah kelompok independen yang mempunyai peran sebagai pengontrol sosial supaya dalam pelaksanaannya bisa mengomentari, menganalisis, mengkritisi sekaligus mempublikasikan setiap kebijakan pemerintah. Di sisi lain, pers juga menyampaikan berita dan informasi terkait aspirasi masyarakat secara transparan dan objektif.

  1. Supremasi Hukum
BACA JUGA :  Mengenal Keluarga Besar Helikopter Tempur Rusia Mil Mi-24 Hind

Setiap warga masyarakat dalam suatu negara harus patuh dan dilindungi hukum yang berlaku. Dengan demikian, masyarakat memperoleh suatu jaminan perlindungan terhadap apapun yang dapat menyakiti baik itu dari pihak personal maupun kelompok.

  1. Lembaga Swadaya Masyarakat

Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM adalah suatu institusi yang bertugas dalam membantu dan memperjuangkan setiap apresiasi serta kepentingan warga negara yang mengalami penindasan.

  1. Perguruan Tinggi

Merupakan wilayah kekuatan sosial yang bergerak dalam bidang noral porce guna menyampaikan aspirasi sekaligus mengkritisi kebijakan pemerintah. Meski begitu, pada pelaksanaannya harus sesuai dengan jalan yang benar dan objektif guna kepentingan bersama.

  1. Partai Politik
BACA JUGA :  Perbandingan JF-17 China vs F-16 Amerika

Partai Politik merupakan bagian dari salah satu syarat terciptanya masyarakat sipil. Sebab partai politik tersebut menjadi tempat untuk setiap warga masyarakat dalam mengekspresikan pandangan politiknya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TNI-Polri Gelar Simulasi Penangkapan Teroris Jelang KTT OKI

TNI-Polri Gelar Simulasi Penangkapan Teroris Jelang KTT OKI

0
Hobbymiliter.com- TNI dan Polri Tak gentar melakukan simulasi untuk keamanan KTT OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) yang digelar di JCC (Jakarta Convention Center).  Simulasi...

Recent Comments