Tuesday, March 26, 2024
HomeBlog MiliterReferensiBerbagai Sistem Ekonomi Indonesia

Berbagai Sistem Ekonomi Indonesia

Berbagai Sistem Ekonomi Indonesia – HobbyMiliter.com – Sistem ekonomi Indonesia adalah sistem ekonomi berpedoman pada Pancasila, dengan begitu Pancasila bersama Undang-undang Dasar 1945 secara normatif merupakan landasan idiil dari sistem ekonomi Indonesia.

Sistem ekonomi itu sendiri diartikan dalam beberapa pengertian oleh para ahli seperti misalnya Gilarso yang mengartikannya sebagai keseluruhan tata cara mengkoordinasikan perilaku masyarakat entah itu produsen, konsumen, pemerintah, bank dan lainnya dalam menjalankan berbagai kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya hingga membentuk kesatuan yang teratur dan dinamis serta menghindari kekacauan bidang ekonomi.

BACA JUGA :  Kulkas Bawah Tanah Raksasa di Samara, Russia

Tokoh lainnya yang mengartikan sistem ekonomi adalah McEachern yang mengatakan sistem ekonomi adalah seperangkat institusi serta mekanisme demi menjawab pertanyaan bagaimana, apa serta untuk siapa barang dan jasa itu diproduksi.

Dapat disimpulkan bahwa sistem ekonomi pada dasarnya merupakan suatu cara untuk mengorganisir serta mengatur semua kegiatan ekonomi dalam masyarakat, entah itu oleh pemerintah maupun pihak swasta dengan berdasarkan pada prinsip tertentu demi tercapainya kesejahteraan dan kemakmuran.

Sementara fungsi sistem ekonomi itu sendiri secara umum adalah sebagai penyedia dorongan berproduksi, sebagai pengatur dalam pembagian hasil produksi dalam masyarakat agar dapat terlaksana sesuai harapan, sebagai sistem yang mengkoordinasi kegiatan individu dalam perekonomian, serta sistem yang menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi jasa dan barang berjalan lancar.

BACA JUGA :  Sejarah Hari Kemerdekaan Thailand

Sistem Ekonomi Indonesia

Sejarah sistem ekonomi Indonesia sejak dulu sering mengalami perubahan akibat pengaruh berbagai faktor, entah itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Sistem ekonomi awal yang dianut Indonesia adalah sistem ekonomi liberal dimana kegiatan ekonominya sepenuhnya diserahkan ke masyarakat. Namun akibat pengaruh komunisme dari Partai Komunis Indonesia, sistem ekonomi Indonesia berubah menjadi sistem ekonomi sosialis.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

IRAQ-CONFLICT-RAMADI

Setelah Berhasil Membebaskan Kota Ramadi, Irak Kini Punya Tugas Berat

0
Hobbymiliter.com - Irak baru saja merebut kembali keseluruhan kota Ramadi dari tangan ISIS. Namun, pemerintah Baghdad akan menghadapi kesulitan dalam mencabut seluruh ranjau yang masih...

Recent Comments