Tuesday, September 21, 2021
HomeMiliterAlutsistaRudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

Chafee Firing Tomahawk Block V 2
Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya? Pengambilan Gambar Dari Sudut Lain Saat USS Chafee DDG-90 Menembakkan Rudal Tomahawk Block V Di Lepas Pantai California.
Sumber : navair

  1. Tetap Subsonik, Tetap Mematikan

Meskipun Tomahawk Generasi Kelima hadir ditengah perkembangan pesat senjata – senjata berbasis rudal dengan kemampuan jelajah supersonic bahkan hypersonic, Tomahawk Block V tetap mempertahankan kemampuan jelajah subsonic nya. Mengapa demikian? Menurut Bryan Clark, seorang mantan awak kapal selam AS dan sekaligus peneliti senior di The Hudson Institute, lembaga thinktank asal AS, kecepatan rudal jelajah Tomahawk yang masih berada pada level subsonic dapat memberi keuntungan operasional. Dengan kecepatan subsonicnya, Tomahawk mampu menjelajah hingga 1.000 mil atau setara 1.600 km. Menurut Clark, untuk senjata supersonic dan hypersonic, jika kita ingin mendapatkan jarak jangkau operasional maksimal yang sama dengan Tomahawk, dibutuhkan wahana yang lebih besar. Wahana yang lebih besar akan lebih mudah dideteksi dan dihadang oleh sistem pertahanan anti rudal lawan.

  1. Murah, Mudah Dibeli Dalam Jumlah Banyak
BACA JUGA :  Disebut “Usang,” Pemimpin Uni Eropa Balik Serang Donald Trump

Keistimewaan utama dari sistem senjata rudal jelajah Tomahawk adalah harganya yang terbilang murah untuk ukuran rudal jelajah dengan jarak jangkau diatas 1.000 kilometer. Rudal Tomahawk Generasi Kelima sendiri sepertinya tidak ingin menghilangkan keistimewaan ini. Menurut pendapat Jerry Hendrix, seorang analis di Telemus Group, lembaga konsultan pertahanan asal AS, “keunggulan utama dari sistem rudal jelajah Tomahawk ada pada harganya yang murah. Ia dapat dibeli dalam jumlah besar dan dalam batas anggaran yang wajar.” Harga rudal jelajah Tomahawk Generasi Kelima atau Tomahawk Block V dipastikan akan tetap berada di kisaran 1 Juta Dollar AS per unit. Sebuah harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan sistem rudal multi-guna SM-6 yang saat ini juga sedang diproduksi oleh Raytheon, yang dijual di kisaran harga hampir 5 Juta Dollar AS per unitnya.

  1. Menjadi Pelengkap Sistem Senjata Berbasis Rudal Untuk AL AS
BACA JUGA :  Simulasi Dogfight Su-35, Fighter Jet Terbaru Rusia

Tomahawk Generasi Kelima atau Tomahawk Block V akan menjadi unsur pelengkap lapisan sistem senjata berbasis rudal untuk AL AS. Dengan hadirnya versi yang terbaru dari rudal jelajah Tomahawk ini, diharapkan AL AS mampu untuk terus menjaga dominasi kemampuan dan tetap dapat menghadapi berbagai tantangan yang ada di area operasi mereka di seluruh dunia dengan satu platform/wahana rudal jelajah yang tidak hanya mematikan, tapi dapat dipasangkan baik pada kapal perang permukaan, kapal selam, tanpa harus banyak merubah konfigurasi rudal tersebut. Tomahawk Block V, bersama dengan sistem rudal SM-6, dan sistem rudal anti kapal Naval Strike Missile yang baru-baru ini diintegrasikan di kapal perang kelas Littoral Combat Ship / LCS dan yang juga akan memperlengkapi kapal Frigate untuk AL AS dimasa yang akan datang, akan menjadi gabungan kekuatan pemukul yang sangat berbahaya bagi lawan AS di lautan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua