Sunday, February 25, 2024
HomeBlog MiliterBerita MiliterMelihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex & Salvex (Bagian 1)

Melihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex & Salvex (Bagian 1)

Melihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex & Salvex (Bagian 1) – Hobbymiliter.com – Cooperation Afloat Readiness And Training, atau biasa disingkat sebagai CARAT, merupakan serangkaian program Latihan Bersama yang dilakukan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dengan Angkatan Laut dari beberapa negara di ASEAN. Latihan Bersama CARAT merupakan latihan rutin tahunan yang dilakukan secara bilateral antara Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) dengan Angkatan Laut dari beberapa negara di ASEAN, salah satunya juga melibatkan TNI Angkatan Laut selaku perwakilan dari Indonesia.

BACA JUGA :  Kehadiran Tentara Saudi Di Suriah Bisa Memicu Perang Dunia Baru

Dalam Latihan Bersama CARAT, dilatihkan beberapa macam skenario dengan melibatkan berbagai unsur dari beberapa satuan yang ada di tubuh TNI Angkatan Laut. Salah satu rangkaian latihan yang rutin dilakukan dalam latma CARAT adalah Diving Exercise (Divex) dan Salvage Exercise (Salvex). Latihan Divex dan Salvex bertujuan untuk memperkuat kerjasama bilateral antara unit Penyelam Ekspedisioner Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy Mobile Diving And Salvage Unit atau disingkat MDSU) dan satuan Penyelam Angkatan Laut Republik Indonesia (Dinas Penyelamatan Bawah Air atau disingkat Dislambair).

BACA JUGA :  Pemerintah Indonesia Barter Sumber Daya Alam dengan Sukhoi Rusia?

Selain memperkuat kerjasama bilateral dan semangat persaudaraan antar unit – satuan penyelam, latma CARAT juga bertujuan untuk memungkinkan unit – satuan penyelam dari kedua negara untuk dapat saling belajar dan saling berbagi ilmu serta pengalaman operasi yang dilakukan sehingga diharapkan kedepannya apabila kedua unit – satuan penyelam dari kedua negara harus bertemu dan bekerjasama dalam suatu operasi, dapat tercipta koordinasi dan komunikasi yang baik dan benar sesuai dengan kaidah standar operasi dari masing-masing negara.

Dalam rangkaian kegiatan latma CARAT Divex dan Salvex tahun 2021 kali ini, penulis mendapat kesempatan khusus dan langka, untuk dapat melihat langsung dan mengikuti jalannya rangkaian kegiatan latma CARAT Divex dan Salvex tahun ini. Nah, seperti apa sih rasanya ikut terlibat membantu dalam men-sukseskan salah satu dari rangkaian kegiatan latma bilateral antara Angkatan Laut Indonesia dan Amerika Serikat ini? Mari kita simak pada pembahasan singkat dibawah ini.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

HDPE 1

HDPE Boat yang Diklaim Tahan Terhadap Terjangan Proyektil

0
HobbyMiliter.com – HDPE Boat yang Diklaim Tahan Terhadap Terjangan Proyektil. Berlokasi di Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Pada hari...

Recent Comments