Thursday, December 9, 2021
HomeBlog MiliterBerita MiliterMelihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex & Salvex (Bagian 1)

Melihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex & Salvex (Bagian 1)

Hobbymiliter.com – Cooperation Afloat Readiness And Training, atau biasa disingkat sebagai CARAT, merupakan serangkaian program Latihan Bersama yang dilakukan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dengan Angkatan Laut dari beberapa negara di ASEAN. Latihan Bersama CARAT merupakan latihan rutin tahunan yang dilakukan secara bilateral antara Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) dengan Angkatan Laut dari beberapa negara di ASEAN, salah satunya juga melibatkan TNI Angkatan Laut selaku perwakilan dari Indonesia.

Dalam Latihan Bersama CARAT, dilatihkan beberapa macam skenario dengan melibatkan berbagai unsur dari beberapa satuan yang ada di tubuh TNI Angkatan Laut. Salah satu rangkaian latihan yang rutin dilakukan dalam latma CARAT adalah Diving Exercise (Divex) dan Salvage Exercise (Salvex). Latihan Divex dan Salvex bertujuan untuk memperkuat kerjasama bilateral antara unit Penyelam Ekspedisioner Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy Mobile Diving And Salvage Unit atau disingkat MDSU) dan satuan Penyelam Angkatan Laut Republik Indonesia (Dinas Penyelamatan Bawah Air atau disingkat Dislambair). Selain memperkuat kerjasama bilateral dan semangat persaudaraan antar unit – satuan penyelam, latma CARAT juga bertujuan untuk memungkinkan unit – satuan penyelam dari kedua negara untuk dapat saling belajar dan saling berbagi ilmu serta pengalaman operasi yang dilakukan sehingga diharapkan kedepannya apabila kedua unit – satuan penyelam dari kedua negara harus bertemu dan bekerjasama dalam suatu operasi, dapat tercipta koordinasi dan komunikasi yang baik dan benar sesuai dengan kaidah standar operasi dari masing-masing negara.

BACA JUGA :  Arab Saudi Berhasil Cegah Rudal Dari Yaman Menuju Kota Suci Mekkah

Dalam rangkaian kegiatan latma CARAT Divex dan Salvex tahun 2021 kali ini, penulis mendapat kesempatan khusus dan langka, untuk dapat melihat langsung dan mengikuti jalannya rangkaian kegiatan latma CARAT Divex dan Salvex tahun ini. Nah, seperti apa sih rasanya ikut terlibat membantu dalam men-sukseskan salah satu dari rangkaian kegiatan latma bilateral antara Angkatan Laut Indonesia dan Amerika Serikat ini? Mari kita simak pada pembahasan singkat dibawah ini.

Hari Pertama

Latma CARAT Divex dan Salvex 2021 pada hari pertama ini lebih banyak dilakukan kegiatan diskusi dan saling berbagi pengalaman serta ilmu-pengetahuan tentang beberapa aspek dalam operasi penyelaman (Diving Operation) dan operasi penyelamatan material objek dari bawah air (Salvage Operation). Kegiatan diskusi ini berlangsung dengan suasana yang akrab dan dimulai sejak pagi hari hingga menjelang sore hari.

BACA JUGA :  CIA: ISIS Akan Ekspor Senjata Kimia Ke Negara Barat

Dalam kesempatan kali ini, penulis mendapat instruksi khusus untuk menjadi penerjemah bahasa, sehingga penulis harus juga mengetahui dan memahami topik apa saja yang akan di diskusikan oleh para penyelam dari kedua negara. Ini merupakan hal baru dan pengalaman yang amat berkesan bagi penulis secara pribadi karena sebelumnya penulis hanya lebih banyak membahas secara umum terkait alutsista yang digunakan oleh TNI dan berbagai negara asing lainnya. Melalui kegiatan ini, penulis tidak hanya mampu me-refresh kembali kemampuan berbahasa asing yang dimiliki penulis, tetapi juga penulis dapat mengenal lebih jauh mengenai profil satuan, peralatan yang digunakan, serta apa saja tugas-tugas yang diemban oleh para penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air TNI AL (Dislambair).

CARAT 2021 Divex Salvex SMEE cropped sanitized version
Suasana Kegiatan Diskusi SMEE CARAT 2021 Divex dan Salvex.
Sumber : hobbymiliter

Kegiatan diskusi dan saling berbagi pengalaman serta ilmu pengetahuan ini disebut dengan istilah SMEE. SMEE adalah singkatan dari Subject Matter Expert Exchange. Dalam kegiatan ini diberikan beberapa presentasi terkait aspek-aspek keamanan dalam melaksanakan operasi penyelaman dan operasi penyelamatan material objek dari bawah air, teknik-teknik yang digunakan dalam menyiapkan, melaksanakan, serta menyelesaikan operasi penyelaman dan operasi penyelamatan material objek dari bawah air.

BACA JUGA :  Perjalanan Ferry F-16C Blok 52ID TNI AU ke Tanah Air

Banyak hal yang dipelajari oleh masing-masing penyelam dari Angkatan Laut kedua negara pada sesi SMEE ini. Dari pihak Indonesia pun dapat mempelajari materi dan ilmu-ilmu baru terkait persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian operasi penyelaman dan operasi penyelamatan objek material dari bawah air yang sudah pernah dilakukan oleh tim penyelam dari Amerika Serikat. Sementara pihak penyelam dari Amerika Serikat banyak belajar dari pengalaman penugasan yang telah dilakukan oleh tim penyelam dari Angkatan Laut Indonesia (Dislambair).

Berdasar pemantauan penulis, semua kegiatan untuk hari ini (Minggu,red) dapat dilaksanakan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti. Selepas kegiatan diskusi SMEE ini, untuk meningkatkan keakraban antar personel kedua negara dan mencairkan suasana pasca diskusi teknis, diadakan pertandingan voli pantai sembari menunggu waktu makan malam. Makan malam menutup rangkaian kegiatan kami di hari ini (Minggu,red). Esok Senin, kami akan melanjutkan kembali kegiatan kami di hari kedua. Penasaran kan bagaimana kelanjutan kegiatan kami? Tunggu artikel selanjutnya di Hobbymiliter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua