Monday, May 23, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterTaiwan Sukses Lakukan Uji Tembak Rudal Anti Kapal

Taiwan Sukses Lakukan Uji Tembak Rudal Anti Kapal

Hobbymiliter.com – Taiwan dikabarkan telah sukses melakukan serangkaian kegiatan uji penembakan peluru kendali (rudal) anti kapal baru-baru ini. National Chung-Shan Institute of Science and Technology (NCSIST) selaku salah satu lembaga utama dalam bidang riset pengembangan dan penelitian untuk kepentingan militer negara Taiwan, disebut-sebut telah selesai melakukan serangkaian kegiatan uji penembakan peluru kendali (rudal) di selatan wilayah Pingtung. Rangkaian kegiatan uji penembakan rudal ini dilakukan oleh Taiwan  mulai tanggal 10 Mei hingga 12 Mei 2022. Meski dilakukan ditengah menghangatnya tensi hubungan antara Taiwan dan China, kegiatan uji coba penembakan rudal anti kapal tersebut disebut berjalan dengan lancar.

BACA JUGA :  Vietnam Kembali Terima Sistem Rudal Pertahanan Udara SPYDER Dari Israel

Agensi Perikanan Taiwan (Taiwan Fisheries Agency, atau disingkat FA,Red) menyebut dalam sebuah surat peringatan yang dirilis sebelum uji coba penembakan rudal tersebut bahwa latihan penembakan rudal yang mulai berlangsung sejak 10 Mei hingga 12 Mei 2022 tersebut juga akan melibatkan “amunisi live” yang membawa hulu ledak, bukan hanya sekedar dummy warhead. Dalam suratnya itu, Agensi Perikanan Taiwan juga menyebut bahwa latihan tersebut terbagi menjadi 4 tahap pengujian. Salah satu tahapan uji tembak yang dilakukan oleh Taiwan berdasarkan surat peringatan dari Agensi Perikanan Taiwan adalah uji coba penembakan rudal terhadap target berupa kapal yang diapungkan di laut. Agensi Perikanan Taiwan pun juga menulis dalam surat peringatannya kepada seluruh kapal yang akan atau sedang berlayar disekitar wilayah latihan penembakan rudal tersebut, menghimbau kepada seluruh kapal untuk menghindari area laut yang digunakan untuk uji coba penembakan rudal anti kapal tersebut. Lebih lanjut, Agensi Perikanan Taiwan juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut akan diawasi oleh aset wahana pesawat tanpa awak milik NCSIST.

BACA JUGA :  Melihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex (Bagian 2)

Lebih lanjut diketahui bahwa tidak dijelaskan secara detail mengenai jenis rudal apakah yang tengah diuji oleh Taiwan, namun demikian, kuat dugaan penulis bahwa bisa jadi rudal tersebut adalah pengembangan dari rudal anti kapal Hsiung Feng III yang saat ini tengah diproduksi dan digunakan oleh militer Taiwan. Selama ini, riset dan pengembangan rudal dalam negeri Taiwan begitu diprioritaskan akibat adanya ancaman nyata invasi dari pasukan militer China terhadap wilayah Taiwan yang dapat terjadi kapan saja.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

1-robot-tempur-bergabung-dengan-militer-rusia-2016

2016, Robot Tempur Bergabung Dalam Militer Rusia

0
Hobbymiliter.com - Rusia akan meluncurkan beragam awak robot inovatif untuk mengoptimalkan kinerja angkatan bersenjatanya pada tahun 2016 ini. "Sistem robot lanjutan generasi terbaru ini yang dirancang...
Penembakan RPG-7

Foto Latihan Penembakan ATGL-L

Recent Comments