Friday, June 24, 2022
HomeMiliterAlutsistaEkspedisi Jala Citra-2 2022 Banda TNI AL Berangkatkan KRI Rigel 933

Ekspedisi Jala Citra-2 2022 Banda TNI AL Berangkatkan KRI Rigel 933

Hobbymiliter.com – Ekspedisi Jala Citra-2 2022 Banda TNI AL Berangkatkan KRI Rigel 933. TNI Angkatan Laut memberangkatkan salah satu unsur alutsista yang dimilikinya yakni kapal survey hidrografi dan oseanografi KRI Rigel 933 dalam suatu pelayaran ekspedisi yang bertajuk Ekspedisi Jala Citra-2 2022 “Banda”. Ekspedisi ini dilakukan guna memperkaya wawasan pengetahuan tentang kondisi perairan Laut Banda dari bidang Hidrografi dan Oseanografi serta bidang keilmuan lainnya yang bertujuan mendukung keselamatan pelayaran, melindungi lingkungan laut, mitigasi bencana alam dan mendukung kepentingan maritim lainnya. Ekspedisi Jala Citra kali ini bertemakan “Mengungkap Keberadaan Fitur Bawah Laut dan Massa Air Purba Serta Karakteristik Akustik Bawah Air di Perairan Laut Banda sebagai Wilayah Pertahanan Maritim”.

BACA JUGA :  Kisah Alexander Finenko, Mata Mata Soviet Yang Ditangkap Indonesia Karena Pembocoran Rahasia Negara

Keberangkatan Ekspedisi Jala Citra 2-2022 “Banda” dengan menggunakan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) KRI Rigel 933 ini dilepas Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) Sakti Wahyu Trenggono dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, dan Komandan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jl. Pelabuhan Pos 9 Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis, tanggal 16 Juni 2022. Ekspedisi Jala Citra kali ini merupakan suatu kegiatan penelitian kelautan dengan fokus penelitian bidang hidrografi dan geofisika pada etape satu, dan oseanografi serta meteorologi pada etape kedua.

BACA JUGA :  Serangan Kelompok Bersenjata Yaman Di Aden, 17 Perawat Panti Jompo Tewas

Pemilihan Laut Banda sebagai area ekspedisi kali ini merupakan hasil pertimbangan dari berbagai aspek, meliputi aspek geologi, aspek hidrografi, aspek oseanografi, aspek geofisika, aspek mitigasi bencana dan aspek militer. Ekspedisi Jala Citra 2-2022 “Banda” merupakan kampanye dalam rangka peringatan Hari Hidrografi Dunia tahun 2022 dan bentuk partisipasi Indonesia dalam agenda PBB Decade of Ocean Science For Sustainable Development 2021-2030. Kegiatan penelitian yang menggunakan alutsista kapal survey hidrografi dan oseanografi milik TNI AL yakni KRI Rigel 933 di bawah komando Komandan KRI Rigel 933 Letkol Laut (P) Yohanis Kalambo tersebut akan dilaksanakan selama kurang lebih 60 hari yang berkolaborasi dengan para peneliti dari kementerian/lembaga terkait, perguruan tinggi, dan profesional serta pihak swasta yang bergerak di bidang survei dan pemetaan kelautan. Kementerian dan lembaga yang turut berpartisipasi antara lain TNI AL, Pushidrosal, Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, BRIN, BIG, dan BMKG. Sedangkan Lembaga pendidikan tinggi yang turut mendukung yakni ITB, IPB, UGM, UHT, Unpatti, Undip, Unpad, Unbabel, Unsri dan STTAL. Selain itu kegiatan ini juga didukung oleh industri survey nasional yang diwakili oleh Hydronav dan Geotronix.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Foto latihan gabungan TNI 1969

Arsip Foto Foto Latihan Gabungan TNI/ABRI 1969 di Cirebon

5
Arsip Foto Foto Latihan Gabungan TNI/ABRI 1969 di Cirebon - HobbyMiliter.com. Tahun 1969 adalah masa masa awal kekuasaan rezim orde baru yang dipimpin oleh...

Recent Comments