Sunday, April 28, 2024
HomeLaksamana US Navy: Tiongkok Berusaha Kuasai Laut Cina Selatan Secara De Facto

Laksamana US Navy: Tiongkok Berusaha Kuasai Laut Cina Selatan Secara De Facto

Hobbymiliter.com – Tiongkok sedang berusaha untuk menguasai Laut Cina Selatan secara “de facto,” demikian disampaikan oleh Laksamana Angkatan Laut AS pada hari Kamis (25/2) silam. Pernyataan ini muncul seiring meningkatnya kekhawatiran AS dan sekutunya akan tindakan Beijing yang terus membangun pangkalan militer di jalur perdagangan laut paling menguntungkan di muka Bumi.

Tiongkok menunjukkan usahanya untuk menguasai regional Laut Cina Selatan secara militer, dengan membangun pangkalan udara dan bunker tahan goncangan pada beberapa pulau kecil yang beberapa diantaranya direklamasi dari laut. Tiongkok juga banyak memasang sistem pertahanan rudal dan radar canggih, kata Laksamana Harry Harris.

BACA JUGA :  Rusia Hadiahkan 10.000 Senjata AK47 Kepada Afghanistan

Beijing mengklaim hampir keseluruhan wilayah Laut Cina Selatan yang banyak diperebutkan oleh negara-negara Asia Tenggara. Laut ini memang dikenal menyimpan banyak kekayaan alam dan juga tercatat sebagai jalur perdagangan paling ramai di dunia.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Basarnas Gunakan Mobil Amfibi Buatan Rusia

Basarnas Gunakan Mobil Amfibi Buatan Rusia

0
Hobbymiliter.com - Kendaraan asal Rusia ini sebelumnya pernah dijajal oleh  TNI AL , dan Basarnaspun tak mau kalah mereka juga menggunakan kendaraan bear 4x4...
Latihan Anti Teror.

Foto Latihan Anti Teror

Recent Comments