Wednesday, September 21, 2022
HomeBlog MiliterBentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Malaysia

Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Malaysia

Hampir sama dengan istilah Provinsi di Negara Indonesia, Malaysia mempunyai 13 negara bagian yang tugas dan fungsinya tetap mengekerucut pada kejayaan dan kesejahteraan negara Malaysia. Sementara itu, 13 negara bagian yang dimaksud terdiri dari Johor Bahru, Kedah, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, Pulau Penang, Sabah, Sarawak, Selangor dan Terengganu.

Disamping mempunyai 13 negara bagaian, Malaysia juga mempunyai 3 negara yang tergolong dalam Negara Persekutuan yang turut membantu dalam sistem pengelolaan Negeri Jiran tersebut, yaitu Kuala Lumpur, Labuan dan Putrajaya.

BACA JUGA :  Digital Direction Finder 550, Transmiter Pelacak milik Korps Marinir

Bagaimana Sistem Pemerintahan Negara Malaysia?

Sebagaimana Bentuk Negara yang dipengaruhi oleh Inggris, sistem pemerintahan yang berlaku di Malaysia pun menerapkan monarki konstitusional atau Parlementer Westminter seperti yang berlaku di United Kingdom tersebut. Maka tidak heran, jika kepala negara Malaysia adalah seorang Raja Malaysia atau lebih dikenal dengan sebutan Yang di Pertuan Agong. Dalam proses pemilihannya, Raja dipilih oleh 9 Sultan yang tersebar di berbagai neraga bagian Malaysia. Masa kekuasaan seorang Raja yang telah terpilih sama dengan masa pemerintahan seorang Presiden di Indonesia, yaitu selama 5 tahun.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-16A deployment di Biak

Foto Foto Deployment 3 F-16A Skadron Udara 16 di Lanud Manuhua...

0
HobbyMiliter.com - Pada tanggal 27 sampai dengan 29 Oktober 2015, Flight F-16 Skadron Udara 16 melaksanakan salah satu program latihan profisiensi terbang jelajah jarak...

Recent Comments