Tuesday, May 28, 2024
HomeBlog MiliterReferensiInilah Batas Wilayah Negara-Negara Asean, Sudah Tahu Belum?

Inilah Batas Wilayah Negara-Negara Asean, Sudah Tahu Belum?

Sampai saat ini, ASEAN sendiri telah beranggotakan 10 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.
Tahukah Anda bahwa sebagian dari negara-negara ASEAN tersebut termasuk negara kepulauan, seperti yang halnya Negara Indonesia.

Hal ini jugalah yang membuat luas laut ASEAN itu bisa dikatakan tiga kali lipat lebih luas daripada luas daratannya. Dengan potensi hasil laut dan sumber daya alam lain yang sungguh luar biasa, maka tidak heran jika beberapa negara ASEAN pernah dijadikan sebagai negara jajahan bangsa Asing.

Batas Negara Indonesia

Batas wilayah Negara Indonesia di sebelah Barat, berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Sebelah Timur berbatasan dengan Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik. Batas Sebelah Utara, berbatasan dengan Negara Malaysia, Filipina dan Laut China Selatan. Sedangkan di sebelah Selatan, berbatasan dengan Samudra Hindia dan Negara Timor Leste.

BACA JUGA :  Berbagai Sistem Ekonomi Indonesia

Batas Negara Laos

Negara Laos mempunyai perbatasan sebagai berikut. Di sebelah Barat, berbatasan dengan Negara Thailand dan Myanmar. Sebelah Timur, berbatasan dengan Negara Vietnam. Sebelah Utara, berbatasan dengan Negara China atau Tiongkok. Sedangkan di sebelah Selatan, berbatasan dengan Negara Thailand dan Kamboja.

Batas Negara Kamboja

Batas-Batas Wilayah Negara Kamboja di sebelah Barat, berbatasan dengan Teluk Siam dan Negara Thailand. Di sebelah Timur, berbatasan dengan Negara Vietnam. Di sebelah Utara, berbatasan dengan Negara Laos dan Thailand. Sedangkan di sebelah Selatan berbatasan dengan Negara Vietnam.

Batas Negara Malaysia

Batas-batas Wilayah Negara Malaysia di sebelah Barat berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Sebelah Timur, berbatasan dengan Laut Sulu dan Negara Indonesia. Sebelah Utara, berbatasan dengan Negara Thailand dan Laut China Selatan. Sementara itu di sebelah Selatan, berbatasan langsung dengan Negara Indonesia dan Singapura.

BACA JUGA :  Riwayat Rudal Sea Cat Karya Dislitbangal

Batas Negara Myanmar

Batas-batas wilayah Negara Myanmar sebelah Barat, berbatasan dengan Negara Bangladesh. Sebelah Timur, berbatasan dengan Negara Laos dan Thailand. Sebelah Utara, berbatasan dengan Negara China atau Tiongkok.

Batas Negara Filipina

Batas-batas Negara Filipina di sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Pasifik. Di sebelah Timur, berbatasan dengan Samudra Pasifik. Di sebelah Selatan, berbatasan dengan Laut Sulawesi. Sebelah Barat, berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Batas Negara Singapura

Batas-batas wilayah negara Singapura antara lain di sebelah Barat, berbatasan langsung dengan Selat Singapura. Sebelah Timur dan Utara, berbatasan dengan Negara Malaysia. Sebelah Selatan, berbatasan dengan Negara Indonesia.

Batas Negara Thailand

Batas-batas wilayah Negara Thailand di sebelah Barat, berbatasan langsung dengan Negara Myanmar dan Samudra Hindia. Sebelah Timur, berbatasan dengan Negara Kamboja dan Laos. Sebelah Utara, berbatasan dengan Laos dan Myanmar. Sebelah Selatan, berbatasan dengan Teluk Siam dan Negara Indonesia.

BACA JUGA :  Sejarah Pembubaran VOC

Batas Negara Vietnam

Negara Vietnam berbatasan dengan Cina di utara, memiliki perbatasan panjang dengan Laos dan perbatasan Kamboja di barat daya. Batas wilayah maritim Vietnam yaitu dengan Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Batas Negara Brunei Darussalam

Batas-Batas Negara Brunei Darussalam di sebelah Barat, Timur dan Selatan, berbatasan langsung dengan Negara Bagian Sarawak, Malaysia. Sementara itu, di sebelah Utara berbatasan dengan LCS atau Laut China Selatan.

Batas Negara Timor Leste

Negara yang pada awalnya pernah menjadi bagian dari wilayah NKRI ini memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut. Di sebelah Barat, Timur dan Utara, berbatasan langsung dengan Negara Indonesia. Sementara itu, di sebelah Selatan berbatasan langsung dengan Laut Timor.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Biografi Abdoel Moeis

Biografi Abdoel Moeis

0
Biografi Abdoel Moeis, Pahlawan Nasional Dari Sumatera barat - HobbyMiliter.com - Abdoel Moeis lahir di Sungai Puar Agam Sumatera Barat 3 Juli 1883. Beliau...

Recent Comments