JLTV dan Humvee
JLTV dan Humvee. JLTV akan menggantikan armada Humvee di tubuh Angkatan Bersenjata AS dalam waktu dekat.Sumber : taskandpurpose

HobbyMiliter.com – Gantikan Humvee, Oshkosh Defense Akan Produksi 258 Unit JLTV. Sebuah perusahaan industri pertahanan asal Amerika Serikat, Oshkosh Defense, LLC berhasil mendapatkan kontrak untuk produksi massal sebanyak 258 unit kendaraan taktis atau Rantis Joint Light Tactical Vehicle untuk kebutuhan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Ini adalah pesanan ke tujuh sejak kontrak pertama pada tahun 2015 lalu.

Dilansir dari DefenceBlog, sebanyak 258 unit kendaraan taktis JLTV tersebut akan diproduksi oleh Oshkosh Defense, LLC untuk menggantikan armada HMMWV alias Humvee yang mulai menua. Nantinya, kendaraan taktis generasi terbaru tersebut akan lebih banyak digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat, Angkatan Darat Amerika Serikat, serta pasukan Komando Operasi Khusus Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US SOCOM).

Menurut Dave Diersen, Vice President and General Manager of Joint Programs dari Oshkosh Defense, LLC, pihaknya tengah melaksanakan proses produksi massal dan telah mengirimkan sebanyak 1.000 unit rantis JLTV tersebut sejak Oktober tahun 2016. Unit – unit tersebut saat ini sedang menjalani proses Government Testing atau uji coba oleh Pemerintah AS sebagai bagian dari proses penerimaan rantis tersebut kedalam layanan dinas di Angkatan Bersenjata AS. Lagi kata Dave, para prajurit Angkatan Darat dan juga Marinir Amerika Serikat akan mulai menerima unit – unit rantis JLTV tersebut untuk keperluan operasional penuh pada tahun anggaran atau Fiscal Year 2019.

Baca juga :   50 Orang Tewas, 2 Sekolah dan 5 Rumah Sakit Hancur Akibat Serangan di Idlib Suriah

Joint Light Tactical Vehicle atau biasa disingkat JLTV merupakan jenis kendaraan taktis dengan kemampuan multi peran generasi terbaru yang dikembangkan oleh Amerika Serikat dan digunakan untuk menggantikan armada rantis HMMWV atau Humvee yang mulai menua dan masih bertugas di tubuh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Didesain dengan kemampuan untuk menjadi rantis multi peran, JLTV mampu menggendong peralatan C4ISR (Command, Control, Communication, Computer, Intellegence, Surveilance, and Reconnaisance) secara mandiri, menjadikannya mampu untuk bertindak sebagai kendaraan komando lapangan yang mumpuni di medan yang sulit dijangkau.

Baca juga :   Mengenal Sistem Radar Zoopark-1 Rusia, Pengawas Gencatan Di Suriah

Uniknya, selain dapat menjadi kendaraan taktis untuk misi pengintaian, penyerbuan, penyergapan, dan sabotase, serta menjadi kendaraan komando lapangan, JLTV juga mampu menghadirkan sederet keunikan lainnya. Tak tanggung tanggung, pihak Oshkosh menyebut JLTV sebagai kendaraan yang menawarkan proteksi setara tank tempur ringan (light tank), kemampuan anti ranjau yang setara dengan yang ditawarkan oleh kendaraan MRAP, serta kemampuan Off-road yang handal dan mumpuni. Namun tentu saja, untuk membuktikan sederet kemampuannya, JLTV harus terlebih dahulu bertugas di Angkatan Bersenjata Amerika Serikat sebagai konsumen pertama dan utama dari produk rantis generasi terbaru ini.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA