Tuesday, March 26, 2024
HomeMiliterKisah MiliterSenjata Fretilin Dimasa Awal Operasi Seroja

Senjata Fretilin Dimasa Awal Operasi Seroja

Senjata Fretilin Dimasa Awal Operasi Seroja – HobbyMiliter.comTulisan ini adalah tulisan mas Parind di websitenya yang hilang, ammochambers.com. Entah lupa naruh atau gimana beliau, kok bisa sampai hilang.

Saat Indonesia mengadakan operasi militer bertajuk “Seroja” untuk menganeksasi Timor-Timur (saat itu disebut Timor Portugis), pemerintahan kolonial Portugal dan pasukannya yang sudah terlebih dulu angkat kaki meninggalkan seabrek persenjataan kepada para eks pasukan Tropaz dan milisi lainnya yang notabene adalah putra-putra asli Timor. Memang hanya sebatas light firearms atau persenjataan ringan yang biasa dipergunakan Infanteri, juga tidak ada data pasti mengenai berapa jumlahnya, namun diperkirakan lebih dari seribu pucuk.

BACA JUGA :  Foto KRI Pati Unus, circa 1950

Beragam persenjataan tersebut lantas dipergunakan oleh faksi-faksi lokal yang ada di Timor-Timur waktu itu ; UDT, Apodeti, dan tentunya Fretilin.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

91-korea-utara-luncurkan-roket-luar-angkasa

Korea Utara Akan Luncurkan Roket Luar Angkasa, AS Keberatan

0
Hobbymiliter.com - Korea Utara pada hari Selasa (2/2) mengkonfirmasi bahwa pihaknya sedang berencana untuk meluncurkan roket luar angkasa dalam waktu dekat. Langkah ini dikecam oleh...

Recent Comments