Tuesday, September 27, 2022
HomeMiliterKisah MiliterSenjata Fretilin Dimasa Awal Operasi Seroja

Senjata Fretilin Dimasa Awal Operasi Seroja

Seiring semakin intensnya pertempuran antara kedua kubu dan disertai berjalannya waktu, semakin beraneka ragam pula jenis senjata yang diperoleh Fretilin, sebagian besar tentunya merupakan rampasan dari militer Indonesia. Namun berikut akan kita batasi dulu dengan jenis persenjataan yang memang sudah dipegang oleh pasukan anti integrasi tersebut sebelum masuknya TNI ke Timor-Timur.

Senjata Fretilin Pistol dan Senapan

Pistol Walther P-38/P-1

Pistol besutan pabrikan Walther Arms Jerman ini merupakan salah satu pistol standar angkatan bersenjata Portugal. Dulunya Walther P-38 dirancang untuk menggantikan Luger P-08 yang dianggap mahal. Varian P-38 diproduksi dari tahun 1939 hingga 1945, sementara varian P-1 diproduksi dari tahun 1957 sampai tahun 2000. Pistol semi otomatis dengan kaliber 9×19 mm ini biasanya disandang oleh para komandan Fretilin di lapangan.

BACA JUGA :  Biografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Senapan Mauser

Pasukan Fretilin yang konon mendapat dukungan penuh dari eks Tropaz mempergunakan senapan bolt action mauser Kar98/ 937 Portuguese contract. Senapan berkaliber 7,92×57 mm ini merupakan senapan warisan pasukan kolonial Portugal. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa Fretilin mempergunakan senapan mauser swedish yang mempergunakan kaliber peluru 6,5×55 mm.

SMG M948 FBP

M948 FBP adalah Sub Machine Gun buatan Portugal dengan kaliber amunisi 9×19 mm. SMG ini juga sudah malang melintang dipergunakan pasukan Portugal dalam perang kolonial mereka di Afrika. Dari foto-foto dapat terlihat milisi yang menenteng pistol mitrialur yang kurang dikenal ini, sepintas terlihat seperti MP-40 atau Grease gun.

BACA JUGA :  Perawatan Helikopter Mi-35P TNI AD Ke Rusia

Battle Rifle G3

Nah kalau milisi Fretilin yang masih newbie katanya biasanya dibekali bedil sekelas mauser yang bolt action, beda dengan para kombatan yang sudah lama berada di bawah asuhan Portugis (para eks Tropaz). Pasukan ini biasa dikenali dengan penampilannya yang lebih “rapi”, tidak terlalu brewok, sering mengenakan seragam, dan, menenteng senapan G3 sebagai senjatanya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

61-iran-dan-tiongkok-catatkan-kerjasama-bersejarah

Iran dan Tiongkok Catatkan Kerjasama Bersejarah

0
Hobbymiliter.com - Presiden Iran, Hassan Rouhani pada Sabtu (23/1) kemarin mendukung “babak baru” hubungan bilateral mereka dengan Tiongkok setelah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Xi Jingping...

Recent Comments