Friday, September 23, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Bung Tomo, Orator Pertempuran 10 November 1945

Biografi Bung Tomo, Orator Pertempuran 10 November 1945

Walau kekuatan para pemuda dan pejuang saat itu tidak seimbang dengan kekuatan pasukan sekutu dan berakhir dengan kekalahan, akan tetapi rakyat Surabaya berhasil memukul mundur pasukan Inggris hingga peristiwa pertempuran 10 November 1945 tersebut tercatat sebagai salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia.

Setelah kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus 1945, Bung Tomo kemudian mendirikan pabrik sabun dengan mengumpulkan uang iuran dari para tukang becak pada tahun 1950 di Surabaya. Pabrik sabun ini bertujuan untuk menolong tukang becak tersebut, namun kelanjutan ide pendirian pabrik sabun gagal tanpa adanya pertanggungjawaban keuangan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

62-india-pinjamkan-$500-juta-kepada-vietnam

Lawan Tiongkok, India Pinjamkan $500 Juta Kepada Vietnam

0
Hobbymiliter.com - India mengatakan pihaknya akan meminjamkan 500 juta dollar untuk memperkokoh hubungan pertahanan diantara keduanya. Ini adalah langkah terbaru dari dua negara yang...

Recent Comments