Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Sudirman kemudian dikukuhkan sebagai Panglima Besar TKR tanggal 18 Desember 1945 dan memiliki tugas membentuk dewan penasihat untuk memberikan berbagai saran terkait masalah politik dan militer. Bersama Oerip, Sudirman berusaha mengurangi perbedaan dan rasa tidak percaya di kalangan mantan tentara KNIL dan PETA.

Pada Januari 1946, pemerintah Indonesia mengganti nama Angkatan Perang sebanyak dua kali, yaitu Tentara Keamanan Rakyat atau TKR dan Tentara Republik Indonesia atau TRI yang disertai pembentukan resmi angkatan laut dan angkatan udara. Sementara pusat pemerintahan yang tadinya di Jakarta di bawah kontrol Belanda dipindah ke Yogyakarta.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

CZ Scorpion 1

CZ Scorpion Evo 3, SMG Terbaru Andalan Kostrad

2
HobbyMiliter.com – CZ Scorpion Evo 3, SMG Terbaru Andalan Kostrad. Submachine Gun (SMG) TNI kedatangan tamu istimewa, yaitu CZ Scorpion Evo 3 pabrikan ?eská...

Recent Comments