Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Saat dilakukan reorganisasi serta perluasan militer, pada tanggal 25 Mei Sudirman dikukuhkan kembali sebagai panglima besar. Sudirman pun bersumpah untuk melindungi Republik Indonesia sampai titik darah penghabisan dalam upacara pengangkatannya tersebut. Karena itulah saat ada rumor dirinya mempersiapkan kudeta, Sudirman pada bulan Juli mengkonfirmasi rumor ini lewat pidato yang disiarkan Radio Republik Indonesia atau RRI dan menyatakan dirinya sebagai abdi negara seperti semua rakyat Indonesia dan akan menolak kalau ditawarkan jabatan presiden. Selain itu di kemudian hari, Sudirman mengatakan bahwa militer tidak memiliki tempat dalam politik, begitu pula sebaliknya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Passex HMS Tamar P233 – KRI Frans Kaisiepo 368 Di Laut Jawa, Bukti Navy Brotherhood TNI-AL Dengan Royal Navy

Passex HMS Tamar P233 – KRI Frans Kaisiepo 368 Di Laut...

0
Hobbymiliter.com – Pada hari Rabu, 25 Mei 2022, telah dilaksanakan kegiatan Passage Exercise atau Passex antara dua kapal perang dari Indonesia dan Inggris. Adalah...

Recent Comments