Tuesday, March 19, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurFoto Foto Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye

Foto Foto Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye

Menengok Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye – HobbyMiliter.com –  Lebyazhye Air Force Base dulunya adalah pangkalan udara militer milik Angkatan Udara Rusia. Pangkalan ini terletak 18 kilo meter Barat Laut kota Kamyshin dan 170 kilo meter sebelah utara kota Volgograd (dulu Stalingrad). Lebyazhye saat ini menjadi kuburan bagi beberapa pesawat yang dulu pernah memperkuatnya.

Berbeda dengan AMARG, kuburan pesawat Amerika yang memang dibangun dengan tujuan menyimpan pesawat dengan tujuan menjadi cadangan strategis, Lebyazhye  tampaknya menjadi kuburan pesawat karena ditutupnya pangkalan udara ini.

Pangkalan udara ini memiliki runway yang luar biasa lebar dan apron yang sangat luas. Seluruh runway dan apron dibangun dengan beton yang diperkuat agar mampu bertahan dari serangan udara. Runwaynya memiliki lebar 80 meter dan panjang 2500 meter. Taxyway selebar 20 meter dibangun paralel di sampingnya. Apron raksasa berukuran 80 meter x 1200 meter melengkapi Pangkalan Udara ini.

BACA JUGA :  Rusia Lakukan Latihan Gelar Rudal Iskander-M Di Dekat Perbatasan Estonia

Pangkalan udara ini dibangun pada tahun 1955. Dulunya pangkalan ini dihuni oleh unit 1st Guards Instructional Fighter-Bomber Aviation Regiment (1 Gv IAPIB), dengan kekuatan MiG-23, MiG-27K dan Sukhoi Su-24. Tugasnya adalah mempersiapkan pilot pilot yang baru lulus sesi latih dasar untuk menjadi pilot operasional.

Pangkalan udara ini ditutup tahun 2009 karena militer Rusia kekurangan anggaran dan harus melakukan penghematan, salah satu cara adalah dengan memangkas jumlah prajurit dan menutup beberapa pangkalan udara.

Setelah ditutup, seluruh personel yang tersisa dipindahkan ke pangkalan lain dan ditempat ini hanya dijaga oleh beberapa personel keamanan. Cukup sedikit untuk area seluas pangkalan udara utama. Beberapa blogger Rusia melakukan “kunjungan tidak resmi” ke bekas pangkalan udara ini dan mendapatkan beberapa foto yang menarik.

BACA JUGA :  Daftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat
Kuburan Pesawat Rusia
Kuburan Pesawat Rusia

Begini pangkalan udara ini dilihat dari Google Earth. Luasnya tampaknya jauh lebih besar dari pada katakanlah, pangkalan udara Halim Perdana Kusuma. Ukuran pangkalan ini, termasuk areal eks perumahan prajuritnya, mencapai 10 kilo meter x 5 kilo meter.

ATC Tower di kuburan pesawat tempur Rusia
ATC Tower di kuburan pesawat tempur Rusia

Bekas tower ATC di samping apron. Dulu pada masa jayanya, petugas petugas lalu lintas udara militer di ATC ini memberikan perintah perintah pergerakan pesawat bagi siswa siswa pilot. Terlihat apron yang terbuat dari beton diperkuat pun sudah kalah melawan kekuatan alam. Tumbuhan liar hidup dimana mana.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Jepang Beli Armada Pesawat Angkut Kawasaki C2

Jepang Beli Armada Pesawat Angkut Kawasaki C2

0
HobbyMiliter.com - Jepang Beli Armada Pesawat Angkut Kawasaki C2. Jepang dikabarkan tengah berencana membeli pesawat angkut Kawasaki C2 yang diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries (KHI). Diperkirakan,...

Recent Comments