Wednesday, August 10, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia

Sejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia

Perjanjian Sultan Tangkal Alam Bagagar yang sesungguhnya tidak layak mewakili Kerajaan Pagaruyung dengan Belanda membuat Belanda menganggapnya sebagai tanda penyerahan Kerajaan Pagaruyung kepada pemerintah Belanda dan mengangkat Sultan Tangkal Alam Bagagar sebagai Regent Tanah Datar.

Perang Padri yang terus berlangsung dengan sengit antara Kaum Padri dan Belanda mengakibatkan banyak korban jiwa berjatuhan, termasuk Kapten Goffinet, Letnan Kolonel Raaff dan Mayor Frans Laemlin dari pihak Belanda dan Yang Dipertuan Pagaruyung Sultan Arifin Muningsyah selaku raja Minangkabau terakhir.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Diluncurkan di Natuna, KRI Alugoro-405 Jadi Kekuatan Pemukul Strategis di Laut

1
Diluncurkan di Natuna, KRI Alugoro-405 Jadi Kekuatan Pemukul Strategis di Laut - hobbymiliter.com - Kemampuan industri stategis dalam negeri untuk memproduksi Alat Utama Sistem Persenjataan (alutsista)...

Recent Comments