Tuesday, July 23, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangMengenal Deretan Kapal Tugboat Militer di Dunia

Mengenal Deretan Kapal Tugboat Militer di Dunia

Rusia memiliki beberapa kapal tugboat militer terbesar dalam inventaris Angkatan Lautnya. Dua kapal yang layak disebut adalah kapal Tugboat Proyek 22870 dan kapal Tugboat Proyek 745P.

Kapal Tugboat Proyek 22870, yang juga dikenal sebagai kelas “Vyatka”, adalah salah satu kapal tugboat terbesar yang dimiliki oleh Angkatan Laut Rusia. Kapal ini memiliki panjang sekitar 66 meter dan berat mati sekitar 2.000 ton. Kapal ini dilengkapi dengan mesin yang kuat dan sistem penarikan yang canggih, memungkinkannya menarik kapal-kapal berat hingga 100.000 ton. Selain itu, kapal ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk mendukung operasi penyelamatan dan pemadam kebakaran di laut.

BACA JUGA :  Turki Targetkan 10 Miliar Dollar Dalam Kontrak Militer Dengan Arab Saudi

Sementara itu, kapal Tugboat Proyek 745P, yang juga dikenal sebagai kelas “Liman”, merupakan kapal tugboat berukuran besar yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Rusia. Kapal ini memiliki panjang sekitar 65 meter dan berat mati sekitar 2.000 ton. Kapal ini dilengkapi dengan kemampuan penarikan yang kuat dan sistem kontrol modern untuk mendukung operasi kapal-kapal perang dan kapal-kapal besar Rusia. Kapal Tugboat Proyek 745P juga dapat melakukan operasi pemadam kebakaran di laut dan memiliki fasilitas penyelamatan di bawah air.

BACA JUGA :  Tiongkok Resmi Hukum Empat Warga Jepang Atas Dugaan Mata-Mata

Kedua kapal ini merupakan bagian penting dari kekuatan kapal-kapal dukungan Rusia. Mereka menyediakan bantuan penarikan yang diperlukan untuk kapal-kapal militer Rusia yang lebih besar dan memastikan kelancaran operasi mereka di laut. Selain itu, kapal-kapal ini juga dapat digunakan dalam operasi penyelamatan, pemadam kebakaran, dan dukungan logistik di lingkungan maritim.

Kapal-kapal tugboat militer terbesar Rusia ini menunjukkan komitmen Rusia dalam membangun kekuatan kelautan yang kuat dan dapat diandalkan. Dengan kemampuan penarikan yang kuat dan fasilitas dukungan yang lengkap, mereka berperan penting dalam menjaga keberlanjutan operasional kapal-kapal militer Rusia di laut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Aero L-159 ALCA

L-159, Pesawat Penyerang Buatan Ceko

0
HobbyMiliter.com - Bubarnya Pakta Warsawa berpengaruh juga pada pola industri kedirgantaraannya. Kerja sama dengan pihak manapun tak lagi diharamkan. Demikian juga dengan soal pemasaran,...

Recent Comments