Thursday, February 29, 2024
HomeBerita Militer DuniaMiliter FilipinaAkankah Filipina Membeli Gripen?

Akankah Filipina Membeli Gripen?

Akankah Filipina Membeli Gripen? – HobbyMiliter.com. Angkatan Udara Filipina yang sudah tidak memiliki jet tempur sejak pensiunnya F-5A/B Tiger pensiun di 2005 saat ini sedang menyusun program pengadaan pesawat tempur baru. Sebelumnya, Filipina diperkuat oleh 35 F-8 Crussader yang terpaksa dipensiunkan cepat pada tahun 1988 karena terkena letusan Gunung Pinatubo dan F-5 A/B Tiger I pembelian tahun 1960-an yang dipensiunkan September 2005.

Kondisi ini pernah memaksa Filipina melakukan patroli pengamanan Spratley di LCS dengan hanya mengandalkan OV-10 Bronco saja. Itu pun sering kali diganggu Sukhoi Su-27/J-11 China seperti yang terjadi pada Mei 2010 dimana dua OV-10 Bronco Angkatan Udara Filipina di-buzzed J-11 diatas gugus karang Reed Bank, Spratley.

BACA JUGA :  Bagaimana Sistem Afterburner Bekerja

Kantor Berita Filipina melansir berita bahwa Pemerintah Filipina kemungkinan akan membeli pesawat tempur multirole Gripen buatan Swedia untuk memperkuat Angkatan Udaranya. Saat ini, pesawat tercanggih dalam inventori Angkatan Udara Filipina adalah 12 Unit pesawat latih jet FA-50PH buatan Korea Selatan yang dibeli tanpa senjata, namun dapat dipersenjatai dengan rudal Sidewinder lawas eks F-5A/B Tiger mereka.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan

Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan

0
Hobbymiliter.com - Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan. Lockheed Martin, perusahaan produsen pesawat tempur asal Amerika Serikat, berhasil membukukan catatan baru dalam rangkaian sejarah perusahaan...

Recent Comments