Friday, April 9, 2021
Home Rusia Terima Sistem Peluncur Roket Tornado-S Termutakhir

Rusia Terima Sistem Peluncur Roket Tornado-S Termutakhir

Hobbymiliter.com – Lebih dari 40 unit peluncur roket canggih milik Rusia akan segera dioperasikan di dalam satuan artileri dan motor infantri di Daerah Militer Barat Rusia. Demikian disampaikan oleh Kepala Penerangan Daerah Militer tersebut, Kolonel Igor Muginov dalam wawancara pada hari Sabtu (16/1).

Sistem peluncur roket Tornado-S ganda ini unik dan memiliki senjata dengan kaliber 300 mm. Jarak tembaknya mencapai 120 kilometer dan dapat menghancurkan area seluas lebih dari 60 hektar, ujar Muginov.

Muginov menekankan sistem pelacakan otomatis dalam Tornado-S sebagai karakter utama dari persenjataan terbaru ini. Sistem pelacakan tersebut memungkinkan roket Tornado-S untuk meningkatkan ketepatan dan memperhitungkan data target secara bersamaan.

BACA JUGA :  Rusia Akan Produksi Varian Sistem Pertahanan Udara Pantsir Terbaru Pada 2018

35-rusia-terima-sistem-peluncur-roket-tornado-s
Pengisian amunisi roket Tornado-S. Sumber: Sputnik

Persenjataan ini dapat menembak unit roket otomatis baik dalam jumlah 1 maupun 12 unit sekaligus.

Kolonel Muginov menambahkan bahwa peluncur terbaru ini memamerkan kemampuan persiapan modus pertempuran dari roket Tornado-S yang memakan waktu jauh lebih sedikit ketimbang pendahulunya.

Hulu ledak otomatis dengan kemampuan ganda yang terpasang pada versi Tornado-G keluaran 2015 mampu menembus infantri dan kendaraan lapis baja.

Sistem roket Tornado-G dan Tornado-S termutakhir diperkirakan akan menggantikan peluncur Grad dan Smerch pada tahun 2020 mendatang, sebagai bagian dari program peremajaan alutsista besar-besaran Rusia.

BACA JUGA :  Foto Pabrik Pembuat Tank Sekutu di Perang Dunia II

Tornado-G yang pertama kali diterima oleh militer Rusia pada bulan Juli kemarin memiliki jarak tembak 90 kilometer dan menjadi yang sistem roket pertama yang diperlengkapi dengan GPS. Peluncur Tornado-G juga dapat dioperasikan menggunakan komputer.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

HobbyMiliter.com - Pada tanggal 30 November 2020, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy,red) dikabarkan telah berhasil melaksanakan ujicoba peluncuran rudal jelajah Tomahawk varian terbaru...

Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

HobbyMiliter.com – Purwarupa kendaraan tempur medium tank MPF atau Mobile Protected Firepower dari dua pabrikan kendaraan tempur yang sedang bersaing untuk memenangkan kontrak pengadaan...

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua