Rusia Terima Sistem Peluncur Roket Tornado-S Termutakhir

1
4523
35-rusia-terima-sistem-peluncur-roket-tornado-s

Hobbymiliter.com –┬áLebih dari 40 unit peluncur roket canggih milik Rusia akan segera dioperasikan di dalam satuan artileri dan motor infantri di Daerah Militer Barat Rusia. Demikian disampaikan oleh Kepala Penerangan Daerah Militer tersebut, Kolonel Igor Muginov dalam wawancara pada hari Sabtu (16/1).

Sistem peluncur roket Tornado-S ganda ini unik dan memiliki senjata dengan kaliber 300 mm. Jarak tembaknya mencapai 120 kilometer dan dapat menghancurkan area seluas lebih dari 60 hektar, ujar Muginov.

Muginov menekankan sistem pelacakan otomatis dalam Tornado-S sebagai karakter utama dari persenjataan terbaru ini. Sistem pelacakan tersebut memungkinkan roket Tornado-S untuk meningkatkan ketepatan dan memperhitungkan data target secara bersamaan.

BACA JUGA :  Tiga Negara Asean Pesan Kapal Perang Buatan Indonesia
35-rusia-terima-sistem-peluncur-roket-tornado-s
Pengisian amunisi roket Tornado-S. Sumber: Sputnik

Persenjataan ini dapat menembak unit roket otomatis baik dalam jumlah 1 maupun 12 unit sekaligus.

Kolonel Muginov menambahkan bahwa peluncur terbaru ini memamerkan kemampuan persiapan modus pertempuran dari roket Tornado-S yang memakan waktu jauh lebih sedikit ketimbang pendahulunya.

Hulu ledak otomatis dengan kemampuan ganda yang terpasang pada versi Tornado-G keluaran 2015 mampu menembus infantri dan kendaraan lapis baja.

Sistem roket Tornado-G dan Tornado-S termutakhir diperkirakan akan menggantikan peluncur Grad dan Smerch pada tahun 2020 mendatang, sebagai bagian dari program peremajaan alutsista besar-besaran Rusia.

BACA JUGA :  Pasukan Suriah dan Militan Pro Pemerintah Kembali Rebut Utara Kota Aleppo

Tornado-G yang pertama kali diterima oleh militer Rusia pada bulan Juli kemarin memiliki jarak tembak 90 kilometer dan menjadi yang sistem roket pertama yang diperlengkapi dengan GPS. Peluncur Tornado-G juga dapat dioperasikan menggunakan komputer.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here