Thursday, April 18, 2024
HomeBeijing: AS Hanya Memperkeruh Suasana Di Laut Cina Selatan

Beijing: AS Hanya Memperkeruh Suasana Di Laut Cina Selatan

2-AS-hanya-memperkeruh-suasana-di-laut-cina-selatan
Lapangan terbang di Yongshu Jiao, Kepulauan Nansha. Sumber: Daily Defense

Namun, uji penerbangan ini dianggap terlalu berlebihan oleh AS dan Jepang. Kedua negara mengklaim bahwa tindakan Tiongkok tersebut akan mempertegang situasi regional dan dianggap sebagai “perubahan sepihak atas status quo,” demikian menurut berita terbitan Chinese People’s Daily.

Seperti diklaim oleh media Tiongkok, lapangan udara tersebut tidak perlu menjadi persoalan bagi pihak manapun karena tidak pernah ada masalah mengenai kebebasan navigasi dan jalur penerbangan di Laut Cina Selatan. Semua negara memiliki hak untuk melakukannya di bawah payung hukum internasional .

BACA JUGA :  Helikopter Mi-17 TNI AD Jatuh Dan Terbakar di Kendal

Beberapa negara di Laut Cina Selatan memang bersengketa. Namun, media Beijing terus menekankan bahwa Tiongkok dan negara-negara tersebut dapat mencegah kesalahpahaman dengan meningkatkan komunikasi, sehingga menghindari perselisihan teritorial yang dapat menimbulkan masalah di bidang kerjasama regional.

“Kekuatan yang paling mengganggu berasal dari luar, terutama AS. Tahun lalu, kapal perang dan pesawat tempur yang dikirim oleh AS berulang kali melecehkan kedaulatan Laut Cina Selatan. Washington tidak memiliki kepentingan dalam perdamaian di Laut Cina Selatan. AS hanya memperkeruh suasana dan campur tangan demi mendapat keuntungan geopolitik, seperti halnya Tokyo,” ujar terbitan media di Beijing.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Flashing Light to Text Converter, Alat Komunikasi Antar Kapal Perang Tanpa Radio

Flashing Light to Text Converter, Alat Komunikasi Antar Kapal Perang Tanpa...

0
Flashing Light to Text Converter, Alat Komunikasi Antar Kapal Perang Tanpa Radio - HobbyMiliter.com – Secanggih apapun alat komunikasi pada kapal perang terbaru, tapi...

Recent Comments