Friday, January 27, 2023
HomeGerilya Udara ala Vietnam Utara

Gerilya Udara ala Vietnam Utara

Sebuah F-105 Thunderchief terkena rudal SA-2 Vietnam Utara.
Sebuah F-105 Thunderchief terkena rudal SA-2 Vietnam Utara.

Bagaimana ini bisa terjadi? Salah satu penyebabnya, Air Defense Vietnam Utara sangat sangat mumpuni. Dengan kekuatan total 1000-an unit meriam anti pesawat dari beraneka kaliber (mulai dari 23 mm, 37 mm, sang legenda 57 mm, sampai meriam meriam raksasa 100 mm yang berasal dari surplus Soviet) dan terutama sekitar 60-an situs rudal SA-2. Ini masih ditambah dengan jaringan radar dan GCI yang baik serta intelijen Vietnam Utara yang mumpuni, sehingga mereka bisa tahu kapan dan dimana ada pesawat US yang take off dari pangkalan mereka di Selatan. Ini masih ditambah kekuatan pesawat tempur Vietnam Utara yang mumpuni dengan andalan pesawat MiG-17 Fresco dan MiG-21 Fishbed.

BACA JUGA :  Kisah Rudal Anti Pesawat SA-2 Guideline China Menembak Pesawat Mata Mata Amerika

Nah bicara soal operasional pesawat tempur Vietnam Utara memang sangat menarik. Salah satunya adalah taktik mereka dalam menghadapi USAF yang menggunakan kecanggihan teknologi dan kekuatan udara yang lebih besar. Salah satu yang ditakuti adalah taktik OCA (Offensive Counter-Air) Operation yang sering dilakukan oleh USAF dengan tujuan menghancurkan kekuatan AU Vietnam Utara di pangkalan mereka sendiri. Seperti kita ketahui, dalam perang Arab-Israel, banyak kekuatan udara Arab yang hancur sebelum bisa bertempur, karena Israel sukses melakukan taktik OCA terhadap pangkalan pangkalan negara negara Arab. Hasil taktik OCA ini, barisan pesawat pesawat MiG yang duduk manis di runway akan menjadi sasaran empuk pembom pembom US, dan runway rusak dapat menyebabkan operasi mereka terhambat karena terhalang untuk take off.

Bhaskoro Aji Wibowo
Bhaskoro Aji Wibowohttp://www.facebook.com/Tactical.Uncle
Seorang Engineer. Moderator Forum Militer di Kaskus - Forum Komunitas Terbesar di Indonesia. Owner dari Military Tacticool Apparel "Tactical Uncle Outdoor and Military Style Gears." Mempunyai passion untuk memberi pencerahkan kepada yang belum tercerahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Mideast Iraq

Operasi Pembebasan Mosul Resmi Dimulai, Masa Depan Irak Dipertaruhkan

0
Hobbymiliter.com - Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi resmi mengumumkan permulaan kampanye operasi militer besar-besaran yang dilakukan oleh militer negaranya untuk membebaskan kota Mosul dari...

Recent Comments