Sunday, June 26, 2022
HomeBlog MiliterKapal Anti Ranjau Kelas Wozang Kelima Milik AL Tiongkok Resmi Bertugas

Kapal Anti Ranjau Kelas Wozang Kelima Milik AL Tiongkok Resmi Bertugas

Hobbymiliter.com – Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAN) resmi menugaskan kapal penanggulangan ranjau (Mine Countermeasures Vessel (MCMV)) terbaru kelas Wozang, seperti disampaikan dalam situs berita China Military Online. Kapal bertipe 082 II ini telah bergabung dengan Armada Laut Utara Angkatan Laut Tiongkok sejak 30 Desember 2016 silam. Penempatannya sendiri diresmikan di pangkalan laut Lushun di pesisir timur laut Tiongkok.

Kapal tersebut diberi nama Donggang dengan nomor lambung 814. Ini adalah kapal kelas Wozang kelima yang dimiliki oleh PLAN. Sebelumnya, China Military Online juga sempat menyebut bahwa Donggang akan beroperasi sebagai kapal induk bagi tiga unit kendaraan permukaan air tanpa awak (Unmanned Surface Vehicle/USV) seberat masing-masing 100 ton. Kantor Intelijen Kelautan AS biasa merujuk kapal tanpa awak kelas Wonang ini sebagai kendaraan penyapu ranjau berkendali remote.

BACA JUGA :  Kapal Survey Hidrografi TNI AL, KRI Spica 934

Kantor berita IHS Jane menyebutkan, kapal tipe 082 II memiliki bobot sekitar 600 ton dengan panjang 55 meter, kedalaman apung 2,6 meter, dan lebar terjauh 9,3 meter.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI Cakalang 852 adalah Kapal Perang TNI AL buatan PT. Caputra Mitra Sejati (CMS) Banten. Kapal dari kelas PC-43 ini memperkuat Komando Armada Barat TNI AL.

KRI Cakalang 852 Akan Perkuat TNI AL

0
Hobbymiliter.com - KRI Cakalang 852 Akan Perkuat TNI AL. Dalam menindak-lanjuti pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan Angkatan Laut...

Recent Comments