Friday, July 26, 2024
HomeBlog MiliterKapal Anti Ranjau Kelas Wozang Kelima Milik AL Tiongkok Resmi Bertugas

Kapal Anti Ranjau Kelas Wozang Kelima Milik AL Tiongkok Resmi Bertugas

Hobbymiliter.com – Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAN) resmi menugaskan kapal penanggulangan ranjau (Mine Countermeasures Vessel (MCMV)) terbaru kelas Wozang, seperti disampaikan dalam situs berita China Military Online. Kapal bertipe 082 II ini telah bergabung dengan Armada Laut Utara Angkatan Laut Tiongkok sejak 30 Desember 2016 silam. Penempatannya sendiri diresmikan di pangkalan laut Lushun di pesisir timur laut Tiongkok.

Kapal tersebut diberi nama Donggang dengan nomor lambung 814. Ini adalah kapal kelas Wozang kelima yang dimiliki oleh PLAN. Sebelumnya, China Military Online juga sempat menyebut bahwa Donggang akan beroperasi sebagai kapal induk bagi tiga unit kendaraan permukaan air tanpa awak (Unmanned Surface Vehicle/USV) seberat masing-masing 100 ton. Kantor Intelijen Kelautan AS biasa merujuk kapal tanpa awak kelas Wonang ini sebagai kendaraan penyapu ranjau berkendali remote.

BACA JUGA :  Awak Kapal Perang Rusia Tembaki Pesawat Angkut Militer Ukraina

Kantor berita IHS Jane menyebutkan, kapal tipe 082 II memiliki bobot sekitar 600 ton dengan panjang 55 meter, kedalaman apung 2,6 meter, dan lebar terjauh 9,3 meter.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

28-senjata-prompt-global-strike-dianggap-membahayakan

Rusia dan AS Saling Tuduh Soal Senjata Prompt Global Strike (PGS)...

0
Hobbymiliter.com - Usaha Amerika Serikat untuk mengembangkan dan meluncurkan Prompt Global Strike (PGS), yakni senjata kendali tepat sasaran yang dapat menyerang wilayah mana saja...

Recent Comments