Wednesday, March 27, 2024
HomeGerilya Udara ala Vietnam Utara

Gerilya Udara ala Vietnam Utara

Nah bagaimana Vietnam Utara menghadapi ancaman utama ini?

Salah satu pesawat andalan Vietnam Utara adalah pesawat penyergap MiG-21 “Fishbed” dan MiG-17 “Fresco). Salah satu keunggulan dari dua jenis pesawat ini adalah, mereka bisa take off dalam jarak sangat pendek, dari unprepared airstrip,  atau bahkan bila diperlukan, bisa take off lebih pendek lagi dengan bantuan RATO (Rocket Assisted Take Off). Dengan begitu, tidak perlu landasan besar untuk menerbangkan MiG-MiG tersebut, dan ini berarti MiG-MiG tersebut dapat stand-by di posisi terdepan, bahkan di tengah tengah hutan atau gunung.

BACA JUGA :  Kisah Misteri Hilangnya KC-135 USAF di Segitiga Bermuda
Ilustrasi Pesawat MiG-21 Vietnam Utara Take Off dengan bantuan RATO
Ilustrasi Pesawat MiG-21 Vietnam Utara Take Off dengan bantuan RATO

Ketika pesawat B-52 lewat didekat mereka, GCI tinggal memerintahkan mereka untuk intercept, dan kemudian B-52 bakal kelabakan karena kedatangan “tamu” dari arah yang tidak mereka duga-duga. Tidak usah menembak jatuh B-52, cukup membuat mereka “sibuk” dan terpaksa menjatuhkan bawaan mereka yang maut dan membatalkan misi pemboman, maka misi pencegatan sudah selesai.

Forward Air Strip juga sukar dideteksi intel USAF dan juga sukar dihancurkan dari udara, selain itu, apabila rusak pun, fasilitas itu dapat diperbaiki dalam waktu singkat, atau bahkan mudah untuk membuat fasilitas serupa.

Bhaskoro Aji Wibowo
Bhaskoro Aji Wibowohttp://www.facebook.com/Tactical.Uncle
Seorang Engineer. Moderator Forum Militer di Kaskus - Forum Komunitas Terbesar di Indonesia. Owner dari Military Tacticool Apparel "Tactical Uncle Outdoor and Military Style Gears." Mempunyai passion untuk memberi pencerahkan kepada yang belum tercerahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

77-gencatan-senjata-suriah-resmi-dijalankan

Gencatan Senjata Suriah Resmi Diberlakukan Mulai Hari Ini

0
Hobbymiliter.com – DAMASKUS - Pasukan pemerintah Suriah mengatakan gencatan senjata nasional yang diadakan berkat perundingan Amerika Serikat dan Rusia kini resmi dijalankan di seluruh...

Recent Comments