Tuesday, April 23, 2024
HomeGerilya Udara ala Vietnam Utara

Gerilya Udara ala Vietnam Utara

Permasalahannya tinggal satu lagi, “Bagaimana membawa MiG-MiG tersebut ke forward air strip itu?” Vietnam lalu mengandalkan helikopter raksasa Mil Mi-6 “Hook” yang mereka miliki. Sebuah Mil Mi-6 Hook sanggup membawa sebuah MiG-21 dalam keadaan fully loaded, dan karena dia take off dan landing vertikal, maka MiG tersebut dapat dibawa kemana saja, termasuk ke forward air strip ditengah hutan atau gunung, dalam keadaan siap tempur.

Mi-6 Hook, heli raksasa Vietnam Utara yang juga pernah dimiliki Indonesia.
Mi-6 Hook, heli raksasa Vietnam Utara yang juga pernah dimiliki Indonesia. (Richard-Seaman.com)

Apabila ada serangan udara, MiG-MiG tersebut tinggal take off dengan RATO mereka dan menyerang pembom pembom US, setelah serangan, mereka kembali ke main airstrip mereka untuk landing, refuel, rearm, kemudian kembali ditempatkan di posisi mereka di airstrip kecil kecil tadi.

BACA JUGA :  Kamaz Tawarkan Produksi Ranpur BPM97 Ke Vietnam

Mi-6 juga berguna sebagai transporter MiG yang rusak dan perlu perbaikan, dan membawa MiG yang sudah mengalami pemeliharaan ke pangkalan utamanya, jadi, meskipun Mi-6 tidak pernah digunakan untuk operasi Air Assault oleh Vietnam Utara, heli ini jadi salah satu Alutsista penting yang dimiliki Vietnam Utara.

Bhaskoro Aji Wibowo
Bhaskoro Aji Wibowohttp://www.facebook.com/Tactical.Uncle
Seorang Engineer. Moderator Forum Militer di Kaskus - Forum Komunitas Terbesar di Indonesia. Owner dari Military Tacticool Apparel "Tactical Uncle Outdoor and Military Style Gears." Mempunyai passion untuk memberi pencerahkan kepada yang belum tercerahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI Salawaku 842 Laksanakan Sea Acceptance Test

KRI Salawaku 842 Laksanakan Sea Acceptance Test

0
Hobbymiliter.com – KRI Salawaku 842 yang merupakan unsur yang berada dibawah Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V / Surabaya, pada hari...

Recent Comments