Sunday, November 27, 2022
HomeMiliter Tiongkok Lanjutkan Produksi Kapal Selam Kelas Yuan Terbarunya

Militer Tiongkok Lanjutkan Produksi Kapal Selam Kelas Yuan Terbarunya

Hobbymiliter.com – Gambar yang diposting di forum-forum online Tiongkok baru-baru ini menunjukkan adanya tiga unit kapal selam patroli kelas Yuan milik Militer Tiongkok terbaru yang sedang mendekam di Galangan Kapal Wuchang, Wuhan, Tiongkok tengah. Foto ini mengindikasikan bahwa Beijing telah melanjutkan kembali produksi kapal bertenaga hybrid (listik + diesel) tersebut setelah absen selama tiga tahun.

Menurut informasi yang didapat oleh pengguna forum online di Tiongkok, pengerjaan ketiga unit kapal selam tersebut diduga sudah dimulai sejak 12 Desember 2016 silam.

BACA JUGA :  Rustom-II UAV Tuntaskan Penerbangan Perdana

Varian awal kapal selam kelas Yuan (Tipe 039A) pertama kali bertugas pada tahun 2006. Panjang keseluruhannya mencapai 77 meter dengan lebar maksimum 8,4 meter. Bobotnya di permukaan mencapai 2700 ton, sedangkan jika menyelam di bawah air, bobotnya bertambah menjadi 3600 ton.

Kapal selam tempur tersebut dilengkapi dengan enam tabung torpedo berkaliber 533 mm (21 inci). Persenjataannya disebut-sebut menggabungkan rudal anti kapal semacam YJ-82 dengan torpedo kelas berat semacam Yu-6.

Meski belum dikonfirmasi secara resmi, namun mayoritas pihak percaya bahwa kapal selam kelas Yuan ditenagai dengan konfigurasi tenaga elektrik-diesel konvensional yang disokong oleh sistem penggerak udara independen (Air-Independent Propulsion/AIP).

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Rusia Hentikan Produksi Massal Pesawat Tempur Su25

Rusia Hentikan Produksi Massal Pesawat Tempur Su25

0
HobbyMiliter.com - Rusia Hentikan Produksi Massal Pesawat Tempur Su25. Perusahaan produsen pesawat Rusia, United Aircraft Corporation menghentikan produksi massal pesawat tempur serang darat Sukhoi Su25....

Recent Comments