Friday, September 25, 2020
Home Berita Militer Dunia Militer Rusia Korvet - Korvet AL Rusia Masuki Laut Mediterania

Korvet – Korvet AL Rusia Masuki Laut Mediterania

Korvet – Korvet AL Rusia Masuki Laut Mediterania – HobbyMiliter.com – Dua unit kapal perang jenis korvet dengan peluru kendali (rudal) jelajah jarak jauh milik Armada Kaspia Angkatan Laut Rusia dikabarkan dikirimkan ke laut Mediterania. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada tanggal 17 Juni 2018 lalu. Disebutkan dalam berita sebanyak dua unit kapal perang jenis korvet kelas Buyan M, RFS Velikiy Ustyug dan RFS Grad Sviyazhsk dikirimkan dari Armada Laut Kaspia menuju ke lautan Mediterania.

Kedua kapal ini dilaporkan terlihat oleh para pengamat kapal laut sedang berlayar melewati selat Bosphorus pada tanggal 16 Juni 2018 lalu. Ada kemungkinan, kedua kapal dikirim sebagai upaya penambahan kekuatan bagi unit kapal perang milik Angkatan Laut Federasi Rusia yang telah lebih dahulu hadir di lautan tersebut sebagai bentuk naval presence alias kehadiran AL Rusia untuk membantu mitra strategis sekaligus politisnya di wilayah Mediterania.

BACA JUGA :  TNI AL Rencanakan Lepas Meriam Utama KRI Slamet Riyadi 352 Untuk Dijadikan Simulator

Sebelumnya, diperkirakan telah ada dua unit kapal perang milik Angkatan Laut Federasi Rusia yang telah ditempatkan di laut Mediterania. Keduanya yakni kapal perang jenis fregat kelas Admiral Grigorovich, RFS Admiral Essen dari Armada Laut Hitam serta kapal perang jenis fregat kelas Neustrashimy, RFS Yaroslav Mudry dari Armada Laut Baltik.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, kehadiran unit kapal – kapal perang mereka di laut Mediterania merupakan bentuk perwujudan dari apa yang mereka sebut sebagai permanent naval presence atau kehadiran di laut internasional yang bersifat permanen.

BACA JUGA :  42 Helikopter AU Turki Hilang, Pengamat Khawatirkan Kudeta Militer Kedua

RFS Velikiy Ustyug dan RFS Grad Sviyazhsk merupakan kapal perang jenis korvet kelas Buyan M. Kapal – kapal kelas ini, dapat dipersenjatai dengan rudal jelajah jarak jauh Kalibr yang mampu menghantam sasaran yang berada di darat dan atau permukaan air dari jarak 2.500 kilometer jauhnya.

Kedua kapal korvet AL Rusia ini ditugaskan dalam layanan dinas aktif di Armada Laut Kaspia setelah diresmikan operasionalnya pada tahun 2014 silam. Kapal – kapal ini pertama kali terlibat dalam pertempuran ketika mereka meluncurkan rudal – rudal jelajah Kalibr yang dibawanya untuk menghantam sasaran – sasaran darat yang berada di Suriah, pada bulan Oktober tahun 2015 yang lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua