PAK DA, Pesawat Pengebom Strategis Rusia Akan Meluncur 2021

0
5724
64-pesawat-pengebom-strategis-rusia-PAK-DA

Hobbymiliter.com – Pengembangan pesawat pengebom strategis Rusia PAK DA sedang berjalan dengan lancar, demikian menurut Kepala Angkatan Udara dan Luar Angkasa Viktor Bondarev. Purwarupa PAK DA diperkirakan akan meluncur di udara pada tahun 2021.

“Pekerjaan untuk mengembangkan PAK DA sedang dilaksanakan dan kecepatannya sudah sesuai dengan harapan kami. Tantangannya tetap ada, yakni untuk menerbangkan purwarupa tersebut di udara pada tahun 2021. Namun jika pengerjaannya tetap berlanjut dengan kecepatan seperti sekarang, niscaya penyelesaiannya akan lebih cepat,” ujar Bondarev.

BACA JUGA :  Komandan AS Wilayah Eropa: NATO Siap Perang dan Menang Melawan Rusia

Pesawat Prospective Complex of Distant Aviation (PAK DA) milik Rusia adalah rancangan pesawat pengebom strategis masa depan yang telah disetujui sebelumnya. Proyek ini sedang dikerjakan oleh Biro Perancang Tupolev, dan pertama kali diumumkan pada 2009. Angkatan Rusia bermaksud untuk mendapatkan pesawat pengebom jarak jauh bertipe tunggal untuk menggantikan Tu-160, Tu-95MS, dan Tu-22M3 yang saat ini sedang beroperasi.

64-pesawat-pengebom-strategis-rusia-PAK-DA
Konsep purwarupa PAK DA. Sumber: theaviationist.com

PAK DA akan menjadi proyek khas dalam sejarah kedirgantaraan Rusia karena menggunakan rancangan “Sayap Terbang” yang belum pernah dikembangkan oleh insinyur Rusia sebelumnya. Pesawat ini akan terbang dengan kecepatan Subsonik dan kepakan sayap pesawat yang lebar serta fitur rancangannya akan membuat PAK DA lebih sulit dideteksi oleh radar.

BACA JUGA :  Singapura Tampilkan NGAFV Dihadapan Publik Untuk Pertama Kalinya

Sebelumnya, Komandan Dirgantara Jarak Jauh Rusia, Letnan Jenderal Anatoly Zhiharev mengatakan bahwa PAK DA adalah “pesawat yang baru secara fundamental dengan sistem penglihatan serta navigasi termutakhir. Pesawat ini akan dilengkapi dengan sistem komunikasi terkini serta alat perang elektronika, dan tidak akan terlihat jelas di radar.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here