Saturday, April 20, 2024
HomeBlog MiliterC-130 Hercules, Pesawat Angkut Militer Yang Multifungsi

C-130 Hercules, Pesawat Angkut Militer Yang Multifungsi

C-130 untuk misi SAR

08-USCG_C130_Hercules-1024x683
HC-130 milik USCG, pasukan penjaga pantai Amerika Serikat.

Varian HC-130s milik Angkatan Udara  dan Penjaga Pantai Amerika Serikat (USAF & USCG) sudah dimodifikasi untuk mendukung misi penyelamatan. Pesawat ini juga memiliki seperangkat komputer canggih  untuk berfungsi sebagai pusat komando & pengendalian, serta terdapat juga sensor khusus yang dapat mencari korban jiwa yang selamat baik di darat atau lautan. Sedangkan khusus milik Angkatan Udara Amerika dilengkapi dengan fitur tambahan untuk melakukan air refueling, yang digunakan untuk men-support helikopter yang sedang dalam melakukan operasi misi jarak jauh.

BACA JUGA :  Spesifikasi Teknis Radar 3D Vostok Buatan Belarusia

C-130 Hercules dalam Penegakan Hukum

HC-130 juga dipakai Satuan Penjaga Pantai Amerika Serikat (USCG) dalam berpatroli perairan. Kemampuan ketahanan terbang (endurance) Hercules yang mumpuni membuat cakupan area patroli menjadi sangat luas. Pesawat ini dipakai untuk melacak aktivitas mencurigakan seperti penyelundupan, human trafficking dan pencemaran lingkungan dan selanjutnya melakukan pengejaran dan pengamanan, dengan berkoordinasi dengan cutter USCG di lautan.

Koordinasi antara US NAVY dengan Hercules USCG
Koordinasi antara US NAVY dengan Hercules USCG

C-130 Hercules untuk Pemantauan Cuaca

Skuadron 53 Pengintaian Cuaca Angkatan Udara Amerika menerbangkan varian WC-130J. Varian ini merupakan C-130 yang dimodifikasi untuk tugas tugas pengamatan cuaca, yang kalau di Indonesia. Pesawat Hercules hasil modifikasi ini didesain khusus agar mampu terbang menembus badai dan topan tropis untuk mendapatkan data-data cuaca. Hasil modifikasi dari C-130s ini mempunyai tangki bahan bakar eksternal untuk menambah lama terbang dan jarak jangkaunya dan juga berbagai antena sensor cuaca untuk mendapatkan berbagai macam data cuaca.

BACA JUGA :  Menjelang Indodefence 2016, 2-5 November 2016 di Jakarta
WJ-130 Hercules. Perhatikan tambahan antena di punuknya. Antena tersebut berfungsi menangkap berbagai macam data cuaca.
WJ-130 Hercules. Perhatikan tambahan antena di punuknya. Antena tersebut berfungsi menangkap berbagai macam data cuaca.
Kanaya Maranatha
Kanaya Maranatha
Kanaya Maranatha meyukai berbagai perkembangan teknologi. Tidak hanya teknologi di dunia militer, tapi juga perkembangan teknologi di dunia IT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-16 TNI-AU - www.hobbymiliter.com

Beginilah Asal Usul Kelahiran Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon

0
Asal Usul Kelahiran Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon - HobbyMiliter.com - Kelahiran F-16 Fighting Falcon dipicu oleh rendahnya mutu manuver pesawat-pesawat AS dalam Perang...

Recent Comments