Thursday, April 18, 2024
HomeBlog MiliterC-130 Hercules, Pesawat Angkut Militer Yang Multifungsi

C-130 Hercules, Pesawat Angkut Militer Yang Multifungsi

C-130 Fire Fighter

Untuk menghentikan kebakaran hutan yang sering melanda Amerika di musim panas, Dinas Kebakaran Amerika juga memodifikasi C-130 Hercules menjadi pesawat pemadam kebakaran. C-130 Hercules pemadam kebakaran ini dilengkapi dengan Modular Airborne Fire Fighting Systems yang mampu menjatuhkan 3000 gallon cairan pemadam khusus dalam waktu 5 detik, tanpa harus memodifikasi besar-besaran terhadap pesawat. Pada saat tidak ada kebakaran, Hercules bisa difungsikan kembali menjadi pesawat angkut biasa. Benar benar multi fungsi bukan?

Photo: US Air Force Staff Sgt. Stephany Richards
C-130 yang dilengkapi dengan sistem MAFFS, Photo: US Air Force Staff Sgt. Stephany Richards

Penerjunan Pasukan

Beginilah pemandangan yang dilihat pasukan para ketika keluar dengan tidak baik baik dari pesawatnya :D

Beginilah pemandangan yang dilihat pasukan para ketika keluar dengan tidak baik baik dari pesawatnya 😀

BACA JUGA :  Iran Sangkal Tuduhan Penyerangan Terhadap USS Mason di Yaman

Inilah salah satu fungsi asasi dari C-130 Hercules. C-130 dapat membawa dan menurunkan 64 prajurit penerjun payung bersenjata lengkap menuju medan pertempuran dengan sekali terbang. Beberapa perlengkapan seperti kanon 105mm dan juga kendaraan militer (Jeep, Humvee, Landy) juga dapat diturunkan melalui ramp door di bagian belakang pesawat

Pengisian bahan bakar di udara

Untuk mendukung operasi jarak jauh pesawat tempur dan pesawat kombatan lainnya, di era 60-an dikembangkan varian tanker udara dari Hercules. Varian ini dinamakan KC-130. KC-130 dapat melayani pengisian bahan bakar bagi pesawat pesawat yang mempunyai nosel probe-and-drogue air-to-air refueling system. Pesawat yang dilayaninya bervariasi, mulai dari A-4 Skyhawk, Sukhoi Su-30 (di Indonesia dilayani oleh KC-130B) hingga helikopter MH-60L. Varian terbaru hercules pembawa bahan bakar ini, KC-130J dapat membawa sampai 47.903 pon bahan bakar.

BACA JUGA :  Israel Terima Unit Kapal Selam Jerman Kelima, Netanyahu Sesumbar
A U.S. Marine Corps KC-130 flies with two F-35B Lightning II Joint Strike Fighters over Beaufort, S.C., on March 19, 2015. The KC-130 is an extended range tanker transport aircraft modified for aerial refueling. (U.S. Marine Corps photo by Lance Cpl. Olivia G. Ortiz/Released)
Sebuah KC-130 milik Korps Marinir Amerika Serikat terbang formasi dengan dua buah F-35B Lightning II Joint Strike Fighters diatas kota Beaufort, South Carolina, dalam suatu latihan pengisian bahan bakar di udara 19 Maret 2015. (U.S. Marine Corps photo by Lance Cpl. Olivia G. Ortiz/Released)
Kanaya Maranatha
Kanaya Maranatha
Kanaya Maranatha meyukai berbagai perkembangan teknologi. Tidak hanya teknologi di dunia militer, tapi juga perkembangan teknologi di dunia IT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pesawat Beechcraft TUDM Jatuh

Pesawat Beechcraft TUDM Jatuh

0
HobbyMiliter.com - Pesawat Beechcraft TUDM Jatuh. Sebuah pesawat enis Beechcraft King Air 200T milik Tentera Udara Diraja Malaysia jatuh di wilayah pangkalan udara Butterworth pada...

Recent Comments