Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterC-130 Hercules, Pesawat Angkut Militer Yang Multifungsi

C-130 Hercules, Pesawat Angkut Militer Yang Multifungsi

C-130 Close Air Support

Salah satu varian C-130 Hercules, yaitu AC-130 merupakan sebuah C-130 hercules yang diperlengkapi dengan berbagai senjata tambahan, sehingga sudah tidak dapat lagi disebut sebagai pesawat angkut. AC-130 Spectre membawa berbagai macam persenjataan untuk mendukung misi pertempuran darat, mulai dari senapan mesin berlaras banyak minigun kaliber 7,62 mm sampai meriam howitzer berkaliber 105mm. Salah satu varian AC-130 yang sangat terkenal, AC-130U “Spooky” malahan dilengkapi dengan senjata yang lebih garang lagi, dengan kanon kaliber 25mm, 40mm, dan 105mm.

Photo: US Air Force
AC-130, Foto: US Air Force

C-130 Anti-surface dan anti-submarine

SC-130J Sea Hercules merupakan C-130 Hercules yang secara khusus dimodifikasi untuk misi patroli maritim serta operasi deteksi dan penangkalan kapal selam. Sea Hercules ilengkapi dengan sensor ASW (Anti Surface Warfare) dan ASuW (Anti Surface Weapons) canggih untuk mendeteksi dan diperlengkapi juga dengan torpedo untuk menenggelamkan kapal laut dan kapal selam musuh.

BACA JUGA :  Selamat Tinggal Kapal Perang Ticonderoga

TNI-AU tadinya juga memiliki sebuah Hercules yang dimodifikasi menjadi Maritime Patrol, namun sayang, pada tanggal 21 November 1985, pesawat yang usianya baru berumur beberapa tahun tersebut jatuh di Gunung Sibayak, menewaskan 10 orang awaknya.

Graphic: Lockheed Martin
Foto: Lockheed Martin

C-130 Bomber

C-130 Hercules ternyata juga bisa dimodifikasi menjadi bomber. Salah dua versi yang terkenal adalah Hercules Bomber milik Angkatan Udara Amerika yang dinamakan Stinger II dan Hercules Bomber milik Korps Marinir Amerika Serikat yang dinamakan Harvest Hawk. Kedua pesawat ini mampu melakukan penembakan rudal dan bom ke target terbidik dengan akurat.

BACA JUGA :  KRI Arun 903 Alami Insiden
Bom BLU-82 yang dijatuhkan dari C-130 photo: US Air Force Capt. Patrick Nichols
Bom BLU-82 yang dijatuhkan dari C-130, photo: US Air Force Capt. Patrick Nichols
Kanaya Maranatha
Kanaya Maranatha
Kanaya Maranatha meyukai berbagai perkembangan teknologi. Tidak hanya teknologi di dunia militer, tapi juga perkembangan teknologi di dunia IT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Singapura Kerahkan MV Swift Rescue Bantu Cari KRI Nanggala

0
Singapura Kerahkan MV Swift Rescue Bantu Cari KRI Nanggala - hobbymiliter.com . Pemerintah Australia menyatakan siap mengerahkan personel dan kapal untuk membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan...

Recent Comments