Tuesday, March 26, 2024
HomeBlog MiliterBerita MiliterAS dan Korsel Terapkan Sanksi Ekonomi Baru Bagi Korut

AS dan Korsel Terapkan Sanksi Ekonomi Baru Bagi Korut

Hobbymiliter.com – Amerika Serikat dan sekutunya di Asia Timur kembali memperketat hukuman di bidang ekonomi atas Korea Utara, setelah Senat AS mengeluarkan sanksi terbaru dan keluarnya keputusan dari Seoul untuk menutup kawasan industri bersama di perbatasan kedua negara. Pendapatan dari kawasan industri Kaesong dinilai berperan besar dalam mendanai program nuklir Pyongyang.

Langkah serupa juga diambil oleh Jepang. Saat ini, Dewan Keamanan PBB masih mempertimbangkan sejauh mana hukuman yang akan diterapkan kepada Korut setelah melanggar aturan karena meluncurkan roket jarak jauh dan melakukan ujicoba senjata nuklir.

BACA JUGA :  Jelang Latma Balikatan, Filipina – AS Bersiap Gelar Latma Terbesar Sejak 2015

Setelah Korsel memutuskan untuk mencabut keberadaan kawasan industri Kaesong dari perbatasan, ratusan mobil truk asal Korsel ramai-ramai masuk ke perbatasan untuk mengumpulkan barang yang sudah jadi dan mengembalikan peralatan pabrikan kembali ke negaranya.

Seoul mempertahankan diri dengan menyebut keputusan tersebut “tidak dapat dicegah” karena Korut telah menggunakan ratusan juta dollar uang tunai yang mereka dapatkan dari Kaesong untuk mendanai senjata nuklir dan program rudal balistik.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

62-rusia-jual-46-unit-helikopter-ka-52-alligator

Rusia Akan Jual 46 Unit Helikopter Tempur Ka-52 Alligator Ke Mesir

0
Hobbymiliter.com - Untuk memperlengkapi kendaraan udara kelas Mistral buatan Prancis, Mesir kini membeli 46 unit helicopter tempur dan pengawasan buatan Rusia, Ka-52 Alligator. Demikian disampaikan...

Recent Comments