Friday, July 26, 2024
HomeBeijing Pasang Radar Frekuensi Tinggi Di Wilayah Sengketa Laut Cina Selatan

Beijing Pasang Radar Frekuensi Tinggi Di Wilayah Sengketa Laut Cina Selatan

51-beijing-pasang-radar-frekuensi-tinggi-di-laut-cina-selatan
Pulau buatan Beijing di karang Kepulauan Spratlys. Sumber: Picture Alliance/DPA

Sementara itu, beberapa gambar pulau buatan Tiongkok lainnya menunjukkan keberadaan beberapa alutsista. CSIS mengatakan pihaknya menemukan menara radar, gudang senjata, bunker, helipad, dan tempat bersandar kapal.

CSIS mengatakan meskipun Tiongkok meluncurkan rudal SAM ke wilayah sengketa, namun keseimbangan kekuatan militer di Laut Cina Selatan masih belum berubah. Namun dengan dipasangnya fasilitas radar di kepulauan Spratlys, peta kekuatan dapat berubah secara signifikan.

Sementara itu, Komandan Pasifik Angkatan Laut AS, Laksamana Harry Harris mengatakan kepada anggota legislatif di Washington bahwa radar dan persenjataan lainnya yang dipasang oleh Tiongkok akan membahayakan situasi regional.

BACA JUGA :  Cina Tawarkan Rudal Jelajah WS-43 ke Indonesia

“Tiongkok jelas-jelas sedang memiliterisasi Laut Cina Selatan,” kata Haris kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat AS. “Jika Anda berpikir sebaliknya, maka Anda percaya bahwa Bumi itu datar.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

92-kurdistan-irak-serukan-referendum-pembentukan-negara-sendiri

Kurdistan Irak Serukan Referendum Pembentukan Negara Sendiri

0
Hobbymiliter.com - Presiden Pemerintah Regional Kurdistan Irak (KRG), Masoud Barzani telah menyerukan referendum kemerdekaan tanpa ikatan. “Referendum ini bukan berarti (kami) akan memproklamasikan negara sendiri, namun...

Recent Comments