Wednesday, November 30, 2022
HomeBeijing Pasang Radar Frekuensi Tinggi Di Wilayah Sengketa Laut Cina Selatan

Beijing Pasang Radar Frekuensi Tinggi Di Wilayah Sengketa Laut Cina Selatan

51-beijing-pasang-radar-frekuensi-tinggi-di-laut-cina-selatan
Pulau buatan Beijing di karang Kepulauan Spratlys. Sumber: Picture Alliance/DPA

Sementara itu, beberapa gambar pulau buatan Tiongkok lainnya menunjukkan keberadaan beberapa alutsista. CSIS mengatakan pihaknya menemukan menara radar, gudang senjata, bunker, helipad, dan tempat bersandar kapal.

CSIS mengatakan meskipun Tiongkok meluncurkan rudal SAM ke wilayah sengketa, namun keseimbangan kekuatan militer di Laut Cina Selatan masih belum berubah. Namun dengan dipasangnya fasilitas radar di kepulauan Spratlys, peta kekuatan dapat berubah secara signifikan.

Sementara itu, Komandan Pasifik Angkatan Laut AS, Laksamana Harry Harris mengatakan kepada anggota legislatif di Washington bahwa radar dan persenjataan lainnya yang dipasang oleh Tiongkok akan membahayakan situasi regional.

BACA JUGA :  Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

“Tiongkok jelas-jelas sedang memiliterisasi Laut Cina Selatan,” kata Haris kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat AS. “Jika Anda berpikir sebaliknya, maka Anda percaya bahwa Bumi itu datar.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

61-iran-dan-tiongkok-catatkan-kerjasama-bersejarah

Iran dan Tiongkok Catatkan Kerjasama Bersejarah

0
Hobbymiliter.com - Presiden Iran, Hassan Rouhani pada Sabtu (23/1) kemarin mendukung “babak baru” hubungan bilateral mereka dengan Tiongkok setelah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Xi Jingping...

Recent Comments