Friday, April 26, 2024
HomeLaksamana US Navy: Tiongkok Berusaha Kuasai Laut Cina Selatan Secara De Facto

Laksamana US Navy: Tiongkok Berusaha Kuasai Laut Cina Selatan Secara De Facto

59-tiongkok-berusaha-kuasai-laut-cina-selatan-secara-de-facto
Pulau buatan Tiongkok di Kepulauan Spratlys. Sumber: The Guardian

“Jika Tiongkok terus menerus memperlengkapi pangkalan militer yang mereka bangun di Laut Cina Selatan, mereka akan mengubah peta kekuatan regional,” kata Harris kepada wartawan Pentagon.

“Karena tidak adanya perang melawan Amerika Serikat, maka Tiongkok akan melakukan kendali terhadap Laut Cina Selatan secara de facto.”

“Harris sedang memperingatkan apa yang akan terjadi jika tidak adanya tindakan balasan yang cukup (untuk melawan Tiongkok). (Reaksi) yang ingin ia ingin picu adalah, supaya negara-negara di regional dan di luar regional Laut Cina Selatan dapat merespon dalam tindakan yang besar,” kata Bonnie Glaser, penasehat senior bidang kajian Asia di Center for Strategic and International Studies. “Amerika Serikat tidak akan dapat melakukannya sendirian,” kata Bonnie.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Laras Phalanx CIWS - www.hobbymiliter.com

Phalanx CIWS: Pertahanan Terakhir Kapal Perang US Navy

0
HobbyMiliter.com - Setiap kapal perang, dari jenis apapun, entah fregat, cruiser, destroyer, kapal induk, atau bahkan sekedar Fast Attack Boat semacam KCR Series TNI...

Recent Comments