Thursday, July 9, 2020
Home TNI AD Siapkan Lahan Bermain Tank Leopard di Sukabumi

TNI AD Siapkan Lahan Bermain Tank Leopard di Sukabumi

Hobbymiliter.com – Beberapa waktu lalu, Kementerian Pertahanan Indonesia telah memesan ratusan unit tank dari pemerintah Jerman. Pada rincian pesanan itu terdapat tank jenis Leopard Revolution, Leopard 2A4 dan Marder.

Dan pada September 2015 lalu, Dinas Penerangan TNI AD mengumumkan, 21 tank tempur utama Leopard telah tiba di Gedung Pusat Kendaraan TNI AD. Seluruh tank kemudian diserahkan ke sejumlah Batalyon Kaveleri, salah satunya yang berada di Cijantung, Jakarta Timur, yaitu Yonkav 1/Badak Ceta Cakti.

Namun Jenderal Mulyono mengatakan bahwa tank Leopard yang telah tiba di Indonesia itu hanya armada murni yang belum dilengkapi perlengkapan tempur atau amunisi. Rencananya, sebelum menandatangani kontrak pembelian amunisi tank Leopard, otoritas Kemhan dan TNI AD berencana akan mengunjungi pabrikan Rheinmetall di Jerman terlebih dahulu.

BACA JUGA :  Pasang Sistem THAAD Milik AS, Tiongkok Sebut Korsel Khianati Sikap Saling Percaya

Tank LeopardSelain tank yang masih kosongan, TNI dan Kemhan juga masih kekurangan 11 garasi untuk parkir tank-tank tersebut.

“Kami juga kekurangan 11 garasi. Nanti akan dibangun di kompi markas. Anggarannya kami ajukan di Rencana Kerja Anggaran tahun 2016,” ucap Andre.

Tidak hanya itu hambatan yang dialami oleh TNI AD dalam pengadaan tank ini. Selain tank dan garasi yang belum siap, lahan latihan atau uji coba untuk tank-tank itu juga belum ada. Namun Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Mulyono mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah berkomunikasi dengan Kementerian Pertahanan terkait lahan untuk latihan di Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

BACA JUGA :  Kisah Intelijen: Pembelotan Pilot MiG-21 Irak ke Israel

“Lahannya kami siapkan. Bikin senjata kok seperti bikin tempe. Nanti lahannya kami siapkan di daerah Cibenda. Itu sudah direncanakan,” ujarnya di Monumen Nasional, Jakarta, Selasa (1/3/2016).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov - HobbyMiliter.com. Admiral Kuznetsov saat ini merupakan kapal induk satu satunya milik Rusia. Itupun sebetulnya dalam klasifikasi kapal Angkatan...

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik - HobbyMiliter.com. Sudah sejak lama, peperangan elektronik dilakukan oleh manusia. Mulai dari penerjunan pelat pelat logam...

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara - HobbyMiliter.com. Perang udara semakin kompleks dengan melibatkan kekuatan teknologi maju dan penguasaan informasi. Konsep early warning...

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa - HobbyMiliter.com. Dinamisnya pertempuran udara membuat payung udara yang mumpuni tidak bisa hanya mengandalkan eksistensi pesawat tempur...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua