Thursday, July 25, 2024
HomeTiongkok Kurangi Kenaikan Anggaran Militer 2016

Tiongkok Kurangi Kenaikan Anggaran Militer 2016

79-kenaikan-anggaran-militer-tiongkok-alami-perlambatan
Jurubicara Kongres Nasional Tiongkok, Fu Ying. Sumber: AFP

Anggaran tersebut masih seperempatnya bila dibandingkan dengan anggaran Pentagon. Namun, Tiongkok punya armada pasukan terbesar di dunia, dengan jumlah lebih dari dua juta tentara.

Peningkatan anggaran ini dilakukan untuk menghadapi keberadaan US Navy yang semakin gencar membuat provokasi di sekitar wilayah Laut Cina Selatan, demi melindungi sekutunya seperti Filipina dan negara-negara ASEAN lainnya.

Komandan Amerika Serikat bidang Pasifik, Laksamana Harry Harris mengatakan bahwa kapal perang AS akan berlayar sekitar 12 mil jauhnya dari pulau-pulau kecil yang diklaim oleh Tiongkok. Sejak Oktober 2015, US Navy sudah meluncurkan operasi serupa sebanyak dua kali.

BACA JUGA :  Kunjungan Angkatan Laut China ke Pearl Harbour

Beijing dan Washington terkesan saling menyalahkan dalam kasus sengketa Laut Cina Selatan. Pihak AS menyebut Tiongkok sengaja mengadakan militerisasi di area perairan tersebut. Sementara pihak Tiongkok menyebut kehadiran pasukan AS dan sistem rudal canggihnya di regional tersebut membuat situasi semakin panas.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

13-42-helikopter-hilang-kudeta-militer-turki-kedua

42 Helikopter AU Turki Hilang, Pengamat Khawatirkan Kudeta Militer Kedua

0
Hobbymiliter.com - Setidaknya 42 unit helikopter dilaporkan hilang dari pangkalan udara Incirlik Turki pasca gagalnya percobaan kudeta yang dilancarkan oleh faksi di tubuh militer....

Recent Comments