Friday, April 19, 2024
HomeTiongkok Peringatkan Jepang: Anda Tidak Punya Hak Atas Laut Cina Selatan

Tiongkok Peringatkan Jepang: Anda Tidak Punya Hak Atas Laut Cina Selatan

25-tiongkok-peringatkan-jepang-keluar-dari-sengketa-laut-cina-selatan
Peta sengketa Laut Cina Selatan. Sumber: npr.org

Awal Juli, Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag memutuskan bahwa Tiongkok tidak punya dasar untuk mengadakan ekspansi ke wilayah perairan Laut Cina Selatan, yang merupakan jalur perdagangan dengan nilai lebih dari 5 triliun dollar setiap tahunnya. Pengadilan tersebut memenangkan Filipina sebagai pihak penggugat. Namun Lu Kang mengatakan penolakan Beijing terhadap putusan tersebut “masih sejalan dengan hukum internasional dan Konvensi PBB mengenai Hukum Lautan.”

Sengketa Laut Cina Selatan melibatkan wilayah perairan dan kepulauan di sekitarnya. Tiongkok ingin mengklaim mayoritas wilayah tersebut, namun di waktu bersamaan, Taiwan, Malaysia, Vietnam, dan Filipina juga mengklaim berhak atas sebagian teritori tersebut.

BACA JUGA :  Prajurit Satran Koarmada II Latihan Pemantapan Pengetahuan Deteksi Bawah Air

Negara-negara non-sengketa menginginkan agar Laut Cina Selatan tetap dipertahankan sebagai perairan internasional. Hal ini diperkuat dengan tindakan marinir AS yang kerap melakukan pelayaran atas nama “kebebasan bernavigasi” untuk menentang klaim Tiongkok.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Radar LPAR Baru China Siap Awasi Wilayah Jepang

Radar LPAR Baru China Siap Awasi Wilayah Jepang

0
Radar LPAR Baru China Siap Awasi Wilayah Jepang - Hobbymiliter.com – China rupanya telah menyelesaikan pembangunan instalasi fasilitas radar deteksi jarak jauh dari jenis...

Recent Comments